Ini Akibatnya JIka Mitsubishi Outlander Gunakan Oktan BBM Di Bawah 92

Ini Akibatnya JIka Mitsubishi Outlander Gunakan Oktan BBM di Bawah 92 Mitsubishi Outlander (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Merawat kendaraan tidak hanya perihal bodi saja, bagian dalam seperti mesin tentunya jadi hal penting juga. Nah, selain melakukan perawatan seperti servis rutin untuk menjaga performa mesin, Sobat KabarOto juga harus memperhatikan bahan bakar yang digunakan.

Jangan sembarangan Sob, ternyata menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai bisa merusak komponen mobil. Seperti yang dijelaskan oleh Alihistik selaku staf Pertamina menjelaskan, perbedaan Research Octane Number (RON) menentukan tingkat pembakaran setiap bahan bakar.

"Jadi, semakin tinggi RON maka bahan bakar akan semakin sempurna pembakarannya. Sehingga, semakin sedikit sisa-sisa pembakaran," jelas Alih kepada KabarOto.

Baca Juga: Jangan Asal, Isi BBM Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Bagi pengguna Mitsubishi Outlander disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan tidak kurang dari 92. Pasalnya, beberapa komponen akan rusak hingga menurunkan performa kendaraan.

"Nanti akan merusak katalis konverter, bahkan akan menyebabkan mesin knocking atau ngelitik," ujar Apin pemilik Pelita Motor bengkel spesialis Mitsubishi.

Selain itu, Apin juga menjelaskan bahwa filter udara dan filter kabin merupakan bagian yang jarang diganti oleh pemilik. Padahal saat menggunakan bahan bakar rendah akan mempengaruhi pembakaran.

Baca Juga: Ada 3 Jenis Filter Udara, Begini Cara Merawatnya

"Jadi, semakin tinggi RON maka bahan bakar akan semakin sempurna pembakarannya. Sehingga, semakin sedikit sisa-sisa pembakaran," jelas Alih.

Filter udara (Foto: Aplikasi Mitsubishi)

Apabila filter udara dan kabin kotor akibat pembakaran tidak sempurna, bisa mempengaruhi performa mesin. Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar juga lebih boros.

"Kalau pakai di bawah 92, bikin tarikannya berkurang jadi kurang responsif. Bahan bakarnya juga boros," tegas Apin.

Menurut Apin, apabila hal ini terjadi di Mitsubishi Outlander milik Sobat KabarOto, permasalahan akibat kesalahan penggunaan bahan bakar bisa membaik apabila kendaraan kembali menggunakan bahan bakar yang sesuai.