Jangan Asal, Isi BBM Sesuai Kebutuhan Kendaraan

Jangan Asal, Isi BBM Sesuai Kebutuhan Kendaraan Foto: Pertamina

KabarOto.com - Sebagian besar masyarakat di Indonesia sepertinya memiliki kendaraan bermotor. Apalagi di Ibu Kota, kendaraan roda empat sudah cukup menyesakkan jalanan. Dari tahun ke tahun bahan bakar minyak menjadi sesuatu yang dicari.

Tapi Sobat KabarOto sudah tahu belum sih, bahwa masing-masing pilihan yang diberikan oleh salah satunya Pertamina, memiliki RON yang berbeda-beda. Mulai dari Premium, Pertalite, Pertamax hingga Pertamax Turbo. Sebelumnya, kenali dulu apa itu RON.

Baca Juga: Pertamina Support Uji Coba Bahan Bakar B30

Nah, RON merupakan kepanjangan dari Research Octane Number, atau biasa disebut oktan bahan bakar. Menurut Alihistik selaku staf Pertamina menjelaskan, bahwa perbedaan RON menentukan tingkat pembakaran setiap bahan bakar.

"Jadi, semakin tinggi RON maka bahan bakar akan semakin sempurna pembakarannya. Sehingga, semakin sedikit sisa-sisa pembakaran," jelas Alih.

Perlu diketahui nih Sob, sisa-sisa pembakaran ini bisa menumpuk. Nah, ketika sudah menumpuk akan menjadi kotoran yang mengurangi atau menghambat performa mesin. Apabila hal ini terjadi, tidak dipungkiri mesin kendaraan bisa rusak. Selain itu tarikannya juga akan terganggu, knocking atau terasa berat.

Berikut jumlah RON yang dimiliki masing-masing bahan bakar:

Premium RON 88
Pertalite RON 90
Pertamax RON 92
Pertamax Turbo RON 98

Semakin tinggi RON yang ditawarkan, semakin tinggi pula kadar aditifnya. Kombinasi kedua unsur tersebut akan menyempurnakan dan meminimalisir kotoran yang tersisa, sehingga kinerja mesin lebih bagus. Kadar aditif yang dimiliki Pertamax Turbo adalah yang paling tinggi dan sulfur terendah.

Hal ini berpengaruh dengan akselerasi, perlindungan mesin, dan fuel economy. Selain itu, emisi gas buang yang dihasilkan juga lebih ramah lingkungan loh. Tapi, perlu diingat isilah dengan bahan bakar yang sesuai. Karena yang paling bagus belum tentu yang dibutuhkan oleh kendaraan sobat KabarOto.

Baca Juga: 2 Unit DFSK Super Cab Ikut Uji Bahan Bakar B30

Sobat KabarOto bisa cek buku manual pada masing-masing mobil untuk mengetahui berapa oktan minimal yang dibutuhkan. Selain melihat dari kompresi mesin, bisa juga dicek ke masing-masing ATPM. Secara umum kendaraan dengan kompresi diatas 10 harus menggunakan Pertamax.

Menurut Alih, "Sesuai dengan standar yang dikeluarkan Menteri Lingkungan Hidup, kendaraan keluaran baru menggunakan BBM dengan RON minimal 91."

Jadi, bisa dikatakan menggunakan Pertamax dan Pertamax Turbo merupakan pilihan yang paling aman untuk kendaraan sobat KabarOto. Tapi, kembali lagi harus disesuaikan dengan kebutuhan serta spesifikasi masing-masing kendaraan.