POPULAR STORIES

Parkir Mobil Di Tempat Teduh Bisa Bikin Hemat Bensin, Begini Penjelasannya

Parkir Mobil Di Tempat Teduh Bisa Bikin Hemat Bensin, Begini Penjelasannya Dok : KabarOto / ilustrasi parkir outdoor.

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto sedang memarkirkan mobil, usahakan parkir di tempat teduh. Jangan di tempat terbuka yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, karena bisa membuat bahan bakar minyak menguap, dan konsumsinya terasa lebih boros.

Perlu diketahui bahan bakar untuk kendaraan sudah dicampuran berbagai bahan kimia yang disuling dari minyak mentah. Bensin mengandung zat aditif, seperti Methyl tertiary Buthyl Ether (MTBE) berfungsi mempengaruhi cara pembakarannya atau meningkatkan nilai oktan.

Baca juga Ingin Ganti Ban Mobil? Jangan Hanya Ukuran, Perhatikan Load Index

Parkir di tempat teduh mencegah bensin menguap.

Sementara bensin itu bisa menguap, dan tidak kembali ke bentuk semula lagi. Bensin yang ada di tangki tertutup pun bisa menguap pada suhu yang tinggi.

"Walau kondisi mesin mati, tapi arkir di tempat panas atau terkena paparan sinar matahari langsung bisa membuat konsumsi BBM boros, karena penguapan bensin lebih banyak, dan bensin terasa lebih cepat habis atau boros," ujar Erwin Surianto, Kepala Bengkel Auto2000 Kelapa Gading.

Baca juga: Mana Lebih Bahaya, Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Rendah Atau Terlalu Tinggi?

Berkendara di cuaca terik juga bisa buat BBM di tangki menguap.

Hal ini juga berlaku saat berkendara, apalagi jika berkendara di bawah matahari terik dengan tangki bensin terisi hanya setengah.