Ini Alasan Harga New Toyota Avanza Dan Veloz Tidak Alami Kenaikan

Ini Alasan Harga New Toyota Avanza dan Veloz Tidak Alami Kenaikan New Toyota Veloz (Deni/KO)

KabarOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan New Avanza dan New Veloz di Indonesia. Meski mengalami sejumlah perubahan, jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Namun low multi purpose vehicle (LMPV) andalan Toyota ini tidak mengalami kenaikan harga.

Yoshiro Nakata, President Director PT TAM menjelaskan, "Melihat kondisi sekarang ini, persaingan di segmen LMPV sangat ketat, untuk dapat bersaing salah strategi yang kami lakukan adalah dari harga," ujarnya di sela-sela peluncuran New Avanza dan Veloz di Fairmont, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Baca juga: Toyota Optimis New Avanza Dan Veloz Masih Diterima Konsumen Di Indonesia

Nakata menambahkan, "Kami sengaja memberanikan diri tidak ada kenaikan harga Avanza dan Veloz baru kali ini. Harapan kami supaya Avanza baru bisa diterima konsumen dan dapat menopang 30 persen dari total penjualan Toyota di Indonesia," bebernya.

Kiprah Toyota Avanza di Indonesia sendiri terbilang cemerlang, pasca diperkenalkan di tahun 2003 dan resmi dipasarkan di tahun 2004 lalu. Toyota Avanza sendiri mobil MPV dengan penjualan terbanyak, dengan membukukan total penjualan lebih dari 1,7 juta unit di 15 tahun kehadirannya di Indonesia.

new avanza

Di tengah ketatnya persaingan di segmen LMPV dengan hadirnya sejumlah produk baru seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, hingga akhir tahun 2018 lalu Toyota Avanza masih menjadi pemimpin pasar dengan torehan penjualan sebesar 82.167 unit.

Saat dikonfirmasi lebih jauh mengenai generasi terbaru dari Toyota Avanza, Nakata mengungkapkan, "Kami ada pikiran untuk meluncurkan All New. Karena kemungkinan itu selalu ada," katanya.

Baca juga: Baru Meluncur, Harga Toyota Avanza Terbaru Ngga Naik Sob!

Menurut Nakata, "Avanza dan Veloz hari ini banyak mengalami perubahan dan peningkatan. Meski bukan All New, namun kami masih percaya diri dengan Avanza dan Veloz bisa diterima konsumen di Indonesia," pungkasnya.

Sementara Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandi menambahkan, improvisasi yang dilakukan oleh Toyota merupakan hasil dari survey dan kebutuhan masyarakat. Secara keseluruhan masih didapatkan DNA dari Avanza berupa penggerak roda belakang, ground clearance tinggi, dan kapasitas yang luas.

"Jadi memang suatu produk di rancang harus melihat dari berbagai hal. Diharapkan dengan desain terbaru ini tetap dapat diterima dan menjadi top produk," imbuh Anton.

Sekadar informasi, Toyota Avanza terbaru mengalami sejumlah ubahan yang membuatnya semakin modern dan stylish. Pun begitu, New Avanza dan New Veloz tidak mengalami perubahan harga jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Bicara harga mobil ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 188,6 juta hingga Rp 239,450 juta.