POPULAR STORIES

Ini Alasan IMI Bikin Standarisasi Touring Motor

Ini Alasan IMI Bikin Standarisasi Touring Motor

KabarOto.com – Ikatan Motor Indonesia (IMI) meluncurkan panduan pertama dalam rangkaian standarisasi pelaksanaan kegiatan mobilitas yang dilakukan di Gedung MPR/DPR RI (28/11/2020). Lalu, apa tujuannya?

“Tujuan pembuatan standarisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya komunitas atau klub sepeda motor, dan pengguna jalan raya umumnya,” jelas Sadikin Aksa, Ketua Umum IMI Pusat.

Inisiatif membuat panduan ini didasarkan pada banyaknya jumlah pengguna kendaraan bermotor roda dua di Indonesia. Selain itu, IMI juga membawahi banyak komunitas sepeda motor. Komunitas ini termasuk aktif melakukan touring serta membantu promosi pariwisata nasional.

Baca Juga : Ini Hasil Uji Euro NCAP Honda Jazz E:HEV

Pembuatan panduan ini juga diharapkan dapat ikut menurunkan angka kecelakaan lalu lintas terutama untuk pengguna sepeda motor. Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia meningkatkan keprihatinan banyak pihak.

“Menurut data Korlantas POLRI, selama pelaksanaan operasi patuh 2020, periode 23 Juli hingga 5 Agustus, telah terjadi pelanggaran lalu lintas sebanyak lebih dari 548 ribu kasus, dan kecelakaan lalu lintas sebanyak 2.388 kejadian," papar Bamsoet, Ketua MPR RI.

Pembuatan panduan touring atau sepeda motor berkelompok ini dilakukan dengan bekerja sama pula dengan berbagai instansi, di antaranya Departemen Perhubungan dan Korlantas.

“Mungkin panduan yang kami buat belum sempurna. Kami harapkan masukan dari komunitas atau kelompok ke depannya bisa melengkapi panduan ini. Sehingga panduan ini dapat digunakan Pemerintah untuk standarisasi ke depannya,” kata Sadikin Aksa.