Ini Alasan Menteri Perindustrian Gandeng Modifikator Di Indonesia Modification Expo 2020

Ini Alasan Menteri Perindustrian Gandeng Modifikator di Indonesia Modification Expo 2020 Foto: Kipli

KabarOto.com - Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 menggelar banyak program secara online untuk audience yang sudah rela membayar tiket demi menonton acara yang kurang lebih berlangsung selama 5 jam. Tak hanya dari dalam negeri, rupanya banyak juga animo masyarakat luar negeri yang mengikuti acara ini pada hari H nanti.

Gelaran tiap tahun dari National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) ini rupanya mendapat apresiasi khusus dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang juga menggunakan momentum ini untuk sosialisasikan kendaraan listrik nasional.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika bilang kalau pihaknya sengaja bergandengan tangan dengan pihak IMX agar sumber daya manusia makin paham Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Baca Juga: Mobil Baru Di Indonesia Bebas Pajak, Ini Tanggapan BMW Dan Toyota

Ia ingin SDM Indonesia punya kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan. "Karena percepatan untuk penggunaan kendaraan listrik ini sekarang sangat dibutuhkan, sehingga nantinya standar kendaraan jadi banyak menggunakan listrik," ujarnya.

SKKNI menurutnya merupakan patokan kompetensi SDM, "jadi dalam hal ini, modifikator pada khususnya, sudah siap dari kompetensi orang-orangnya," imbuh Putu Juli Ardika kepada wartawan (15/09).

Menurutnya kreativitas SDM di Indonesia banyak yang berpotensi memenuhi syarat untuk melakukan konversi dari kendaraan bahan bakar konvensional ke listrik. "Contohnya banyak kendaraan terbengkalai, dengan bantuan modifikator, bisa direstorasi dan dilengkapi dengan tenaga listrik," sambung sang Direktur.

Ia juga bilang bahwa pihak Kemeterian Perindustrian sedang berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan menyiapkan regulasi konversi kendaraan dari konvensional ke kendaraan listrik. Mantap!