Ini Arti Modifikasi Proper Menurut NMAA

Ini Arti Modifikasi Proper Menurut NMAA Foto : Andhika Hutama

KabarOto.com – Untuk yang hobi modifikasi pasti pernah mendengar istilah ‘modifikasi proper’. Namun sebenarnya apa sih maksud dari modifikasi proper itu? Gaya seperti apa dan komponen bagaimana yang harus digunakan?

Nah membahas hal tersebut, Andre Mulyadi selaku Founder NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) menjelaskan bahwa modifikasi proper itu sebenarnya bukan sebuah aliran style. Tapi modifikasi proper itu adalah bagaimana seseorang modifikasi sesuai ‘purpose’ atau tujuannya.

Baca juga: HondaJet Elite Dapat Sertifikasi dari Rusia, Siap Terbang

Gaya OEM agar mengembalikan tampilan aslinya.

“Sebagai contoh mudah, misalnya kita memodifikasi untuk taxi online, tentu modifikasi yang kita lakukan itu bertujuan untuk membuat penumpang di kabin merasa nyaman. Dengan persinalisasi pelek dan ban sesuai,” jelas Andre.

Sebagai contoh lain apabila mobil biasa digunakan balap, modifikasi yang proper bisa di-upgrade bagian mesin beberapa stage, modifikasi bagian kaki-kaki supaya lebih rigid, lalu interior diberikan sentuhan untuk kebutuhan safety dan lainnya.

Baca juga: Jeep Wrangler 80th Anniversary, Patut Dikoleksi!

Modifikasi BMW E36 untuk keperluan balap.

Jadi kembali lagi, modifikasi proper itu bagaimana si pemilik memiliki tujuan modifikasi yang tepat. Setelah itu barulah nanti disesuaikan bagaimana spesifikasi demi memenuhinya.

“Sedikit tips dari NMAA sendiri bagi yang baru ingin modifikasi mobil adalah soal spesifikasi dan tren modifikasi, lihatlah banyak literasi soal modifikasi. Agar tidak salah memilih komponen dan juga tidak gagal mengikuti tren,” tutupnya.