POPULAR STORIES

Ini Bentley Queen State Limousine Milik Ratu Elizabeth II

Ini Bentley Queen State Limousine Milik Ratu Elizabeth II Bentley Queen State Limousine milik Ratu Elizabeth II (Dok : Motor1)

KabarOto.com – Ratu Elizabeth II menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9). Dalam beberapa kesempatan, semasa hidupnya, sang ratu merupakan orang yang suka mengemudi sendiri kendaraannya.

Sang ratu juga selalu dilindungi mobil dengan paket keselamatan super komplet di setiap perjalanan dinasnya. Salah satu koleksinya yang sangat langka mungkin Bentley Queen State Limousine lansiran tahun 2002.

Bentley membuat mobil ini khusus untuk Ratu Elizabeth II pada perayaan Golden Jubilee pada tahun 2002. Dibangun dengan basis Bentley Arnage namun dengan beberapa penyesuaian. Memiliki dimensi panjang 3.844 mm, lebar 2.000 mm dan tinggi 1.770 mm, jarak antar sumbu rodanya 3.844 mm.

Dok : CQ Magazine

Bentley hanya membuat 2 unit, satu unit digunakan sebagai mobil dinas Ratu, dan satu unit lainnya disimpan di Royal Mews garasi untuk mobil anggota keluarga kerajaan.

Baca Juga : Intip Koleksi Mobil Ratu Elizabeth II, Ini Paling Favorit

Dibalur dengan warna merah maroon, mobil ini punya bodi anti ledakan bom, dan pastinya anti peluru. Sementara jendelanya bisa digelapkan total untuk privasi, serta menjaga kabin agar kedap udara sehingga serangan gas beracun pun tidak bisa masuk.

Tidak sampai disana, bahkan hingga bannya dilapis bahan kevlar tahan tusuk pisau dan peluru, tujuannya tentu untuk keamanan sang Ratu dari berbagai serangan.

Dok : Motor1.com

Beberapa penyesuaian pun lakukan di mobil ini, contohnya atap. Atap mobil dapat terbuka, dan ketika Ratu keluar dari atap, posisinya berdirinya pun proporsional. Pintu akses keluar dan masuk mobil juga bisa dibuka hingga sudut 90 derajat sehingga sangat mudah akses ke kabinnya.

Baca Juga : Ford Escort Tipe RS Turbo Series 1 Milik Putri Diana Terjual Rp11 Miliaran

Mengintip bagian kabin, kesan klasik dan ciri khas mobil mewah zaman itu pun sangat kental hingga sekarang. Banyak sekali hiasan panel kayu, dan bahan tekstil Inggris Hield Brothers memproduksi kain saten wol domba yang membalut tempat duduk Ratu di belakang agar nyaman.

Walau tidak dipakai untuk kebut-kebutan, Bentley tetap memasukkan mesin V8 turbocharger berkapasitas 6.750 cc, menghasilkan tenaga 406 dk dengan torsi maksimal 835 Nm. Tenaga disalurkan ke penggerak roda belakang melalui girbok otomatis 4 percepatan. Kabarnya kecepatan maksimal mobil ini dibatasi 210 kpj.