POPULAR STORIES

Ini Cara Kerja Sistem AWD Pada Mazda CX-9

Ini Cara Kerja Sistem AWD Pada Mazda CX-9 Mazda CX-9 AWD

KabarOto.com - Genap dua tahun sejak diperkenalkan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sebagai distributor resmi merek Mazda di Indonesia, All-New Mazda CX-9 mendapatkan kini mendapat update terbaru untuk beberapa fitur keamanan dan kenyamanannya.

Sport Utility Vehicle (SUV) paling mewah dalam jajaran produk Mazda tersebut, saat ini telah dilengkapi dengan teknologi sistem penggerak empat roda, atau disebut All Wheel Drive (AWD).

Baca Juga: Honda Civic Type R Limited Edition, Lebih Fokus Ke Sirkuit

Ricky Thio, Managing Director PT EMI mengatakan, sistem penggerak AWD tersebut mampu menyalurkan keseluruhan tenaga pada keempat rodanya, dan memberikan tambahan traksi maksimum saat akselerasi.

"Sekaligus memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, karena keempat rodanya dapat dengan cekatan mencengkram permukaan jalan pada saat kondisi jalan licin, sedikit berbatu atau off-road ringan," ujar Ricky.

Eksterior tak ada perubahan

Lantas, bagaimana cara kerja sistem AWD tersebut? "Dalam kondisi normal, sistem penggerak akan meneruskan tenaga 100% pada roda depan, kendaraan berfungsi layaknya menggunakan sistem penggerak roda depan," jelas Ricky.

Namun, ketika sistem komputer mencatat adanya gejala roda mengalami slip dan tidak mendapat traksi, maka secara otomatis sistem komputer Mazda CX-9 AWD akan membagi tenaga pada roda belakang.

Baca Juga: Galeri Foto Bus Mercedes-Benz OH 1626 Avante H8

"Sistem canggih ini akan bekerja secara simultan, dan membaca pergerakan roda jika terjadi slip atau kebutuhan penggerak pada roda belakang," ungkap Ricky dalam keterangan resmi yang diterima KabarOto.

Bagian belakang terlihat sporty

All New Mazda CX-9 AWD masih menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.5T seperti versi penggerak dua roda. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 228 dk pada 5.000 rpm dan torsi 420 Nm pada 2.000 rpm.