Ini Cara Rawat Beragam Jenis Karpet Mobil

Kipli
Kipli 18 May 2018 - 16:00
Ini Cara Rawat Beragam Jenis Karpet Mobil
Jaga kebersihan karpet dasar secara berkala, setidaknya dua minggu sekali (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Benda seperti karpet mobil kerap kali dianggap tidak penting oleh pemilik mobil. Padahal karpet yang bersih, bakal meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Fungsi karpet sebagai pelapis dasar antara pelat dasar kendaraan dengan ruang kabin. Selain itu, karpet dasar juga berfungsi meningkatkan kenyamanan, serta meningkatkan estetika kabin sehingga menghadirkan nuansa bersih, mewah dan hangat.

Nah, saat ini hampir setiap kendaraan dilapisi dengan karpet dasar standar berbahan beludru kasar. Untuk kemudahan dalam menjaga kebersihan, sebagian konsumen melapisi alas dasar menggunakan bahan kulit sintetis, karet, dan Poly Vinyl Chloride (PVC) atau disebut comfort mat.

Untuk merawat karpet dasar ini, sejatinya cukup mudah. Berikut, 4 cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan karpet dasar seperti dijabarkan oleh Surya Halim Nugroho, pemilik car detailing Otospa di bilangan Cimone, Tangerang:

1. Pilih Sikat yang Tepat

Sikat memiliki tekstur bulu yang berbeda. Untuk kendaraan yang memiliki karpet dasar berbahan beludru halus, seperti yang terdapat pada Corolla Altis, Fortuner, Camry, Alphard, dan Vellfire, sebaiknya gunakan sikat berbulu halus untuk melindungi lapisan beludru agar tetap halus dan lembut.

"Sementara itu, untuk jenis beludru kasar, seperti yang terdapat pada Avanza, Agya, Innova, Venturer, Veloz, dan Calya sebaiknya gunakan sikat dengan bulu yang lebih padat serta keras. Hal tersebut, untuk memberikan kemudahan dalam mengangkat debu," ujarnya.

Tidak hanya itu, sikat juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet berbahan semi-kulit dan karet.

Editor : rio