POPULAR STORIES

Ini Cara Rawat Karet-Karet Di Mobil Kesayangan

Ini Cara Rawat Karet-Karet di Mobil Kesayangan

KabarOto.com - Salah satu bagian komponen pada mobil dan sering digunakan adalah bagian pintu. area tersebut terdapat list karet panjang mengelilingi daun pintu, berfungsi sebagai peredam benturan saat buka-tutup pintu.

Banyak juga yang menambah karet pintu aftermarket universal yang dapat menambah tingkat kekedapan suara kabin mobil. Jika sudah lama dipakai dan tidak terawat, maka fungsinya akan berkurang dan sudah selayakanya harus diganti.

Baca Juga: 2 Tahun Sekali, Wajib Cek Karet Slang Mobil

Adapun ciri karet pintu sudah berkurang performanya dapat terlihat dari teksturnya yang keras dan tidak elastis lagi. “Cara mengetahui ciri-ciri karet pintu harus diganti. Pertama, bentuknya berubah jadi gepeng. Kurang kedap suara di kabin hingga terdengar suara angin seperti siulan. Terakhir, secara fisik karet tampak rusak. jelas Rafi’i Sinurat selaku Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Jika ciri-ciri itu mulai terdeteksi dan terasa, ia bilang ada baiknya part ini diganti baru. Ia menegaskan, apabila ditemukan karet mobil berbentuk gepeng. Biasanya saat menutup pintu mobil muncul suara besi seperti beradu selain kurang kedapnya suara di kabin mobil.

Kondisi diperparah ketika sudah rusak berat, dipastikan air dari luar sangat mudah menyusup ke dalam kabin. “Paling penting pilihlah tempat parkir yang teduh. Karena mobil yang teduh dari paparan sinar matahari terik, membuat karet terutama di pintu tidak cepat kering dan bisa tahan lebih lama," ungkapnya.

Baca Juga: Cuaca Tak Menentu, Jangan Lupa Cek Karet-karet Mobil !

Ia juga menyarankan agar mengindari kontak langsung dengan karet, terutama saat keluar-masuk mobil atau memasukkan dan mengeluarkan barang. Karena gesekan keras bisa membuat karet mudah robek.

Biasakan membersihkan kotoran yang menempel pada karet pintu. Caranya adalah dengan mencuci, menyiram di sela-sela lekukan pada karet mobil.

Gunakan air bersih untuk merontokkan kotoran, atau bisa juga memanfaatkan cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet tersebut.

Cairan ini juga bisa dimanfaatkan ketika mobil terpapar sinar matahari yang menyebabkan karet pintu menjadi kering dan tidak tahan lama.