POPULAR STORIES

Ini Cara Rawat Sepeda Motor Kesayangan Saat Musim Pancaroba

Ini Cara Rawat Sepeda Motor Kesayangan saat Musim Pancaroba cara rawat sepeda motor saat musim pancaroba (Kipli/ YIMM)

KabarOto.com - Musim pancaroba diwarnai dengan keadaan udara tidak menentu, atau adanya peralihan antara musim kemarau dan musim hujan. Tidak hanya kita saja yang langsung terkena dampak dari musim pancaroba, melainkan motor yang kerap digunakan pun bisa terdampak.

Untuk itu, Senior Manager Aftersales PT Thamrin Brothers, Wahidin memberikan tips perawatan motor di musim pancaroba.

1. Cek filter udara

Di musim panas kondisi jalan di Indonesia lebih berdebu, menyebabkan cepat kotornya filter udara pada motor. Jika filter udara terlalu kotor mengakibatkan suplai udara menjadi berkurang karena terhambat debu dan kotoran, sehingga menyebabkan performa mesin menurun serta konsumsi bahan bakar lebih boros.

"Maka disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan filter udara setiap satu bulan sekali. Untuk saringan tipe kering, bisa dilakukan pembersihan dengan udara bertekanan, jika saringan tipe basah maka wajib dilakukan penggantian," ujarnya.

2. Ban

Cek kondisi tekanan ban karena di musim pancaroba tekanan ban cenderung tidak stabil, lalu cek juga ketebalan grip ban karena grip ban yang sudah menipis bisa membahayakan pengendara pada saat hujan yang tiba-tiba datang.

"Kami sarankan menggunakan angin dari nitrogen saat musim pancaroba, karena nitrogen cenderung memiliki tekanan yang lebih stabil dibandingkan dengan angin biasa," imbuh Wahidin.

Baca Juga: Rawan Dol, Begini Cara Perlakukan Baut Saat Ganti Oli

3. Mencuci sepeda motor

Biasakan jangan terlalu lama menunda mencuci motor setelah terkena hujan, karena air hujan yang bersifat asam dapat menyebabkan komponen-komponen motor lebih cepat berkarat.

Karenanya segera bilas motor dengan air biasa setelah terkena air hujan. Dan sebaliknya saat musim panas atau kemarau, jangan lupa mencuci motor agar debu tidak melekat pada komponen- komponen motor.

4. Pengecekan air radiator

Pada saat cuaca panas tentunya mesin membutuhkan pendinginan yang optimal, apalagi untuk motor yang menggunakan pendinginan air radiator. Sebaiknya pengendara wajib memastikan air radiator pada tabung reservoir selalu berada di batas yang aman, yaitu diantara batas atas dan batas bawah tabung reservoir.

Jika dirasa air radiator berada di batas bawah maka disarankan melakukan pengisian atau penambahan air radiator pada reservoir. Jika Anda ingin melakukan pengisian sendiri, maka bisa membuka tabung reservoir yang biasanya berada di bagian bawah sepeda motor yang biasanya berwarna putih.

Baca Juga: Terjebak Di Kubangan Lumpur? Begini Cara Libas Trek Tanah Pakai Mobil 4x4 Dengan Ban Standar

5. Pengecekan rantai (motor manual)

Saat musim pancaroba yang tidak menentu, pengecekan rantai cukup penting dikarenakan rantai berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang.

Oleh sebab itu rantai harus dipastikan dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan kekencangan rantai, setel jika sudah kendor, berikan juga cairan khusus pelumas rantai dan selalu cek kondisi keausan rantai dan gear.

6. Jas hujan

Bawa selalu jas hujan dalam bagasi motor saat musim pancaroba. Selain merawat motor, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan menghindari terkena hujan langsung.