POPULAR STORIES

Ini Cara Rider Motor Klasik Hilangkan Stigma Mantan Pecandu Narkoba

Ini Cara Rider Motor Klasik Hilangkan Stigma Mantan Pecandu Narkoba Titik 0 KM, Sabang, menjadi tujuan karena setiap orang pasti akan menemukan waktu di mana ia ingin kembali ke titik 0 (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Dalam rangka Hari Anti-Narkoba Internasional 2018, (26/6/2018) lalu, pemilik motor tua punya cara unik untuk memperingatinya. Bertekad untuk menghilangkan stigma mantan pencandu narkoba, delapan pemilik motor tua ini touring dari Bandung menuju 0 Km di Sabang, Aceh.

Touring ini digagas mantan pencandu narkoba, MR (35). Selama 15 tahun menjadi pencandu, pria yang memiliki kemampuan dalam hal mekanisasi motor ini, bertekad untuk berhenti, dan akhirnya pulih.

Kesungguhan MR untuk pulih, menarik simpati seorang pemilik pabrik mesin di Bandung, Ireng Prayoga, dan seorang aktivis HIV/AIDS Dan Narkoba, Rosan. Keduanya ingin kesembuhan MR menjadi semangat teman-teman pecandu lain untuk sembuh, dan mencetuskan touring bertajuk "Back To Zero: Lets Ride, Stop Drugs Abuse" dengan melakukan touring tersebut.

"Kenapa harus pakai motor tua? Filosofinya, motor tua, jelek, rarawuan pun bisa mencapai tujuannya jika kuat menjalaninya, begitu pula manusia. Meskipun dia bekas pecandu, preman, sampah masyarakat sekalipun, dia bisa berguna dan bermanfaat jika memang ia menjalani prosesnya dengan baik," ungkap Kartono, pimpinan Yayasan Grapiks.

Baca Juga: Tangerang Nite Ride Vol.5, Ajang Riding Bikers Tangerang