Ini Daftar Mobil Hybrid Di Indonesia Yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Ini Daftar Mobil Hybrid di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Anda Toyota Prius Hybrid (KO/Edo)

KabarOto.com - Dewasa ini, pelestarian lingkungan seakan sudah menjadi isu penting yang siap dijalankan di beberapa negara. Hampir semua dunia industri telah merubah proses produksinya agar tidak menimbulkan polusi berlebih, dan menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

Tren tersebut juga menyentuh ke dalam dunia otomotif. Saat ini mayoritas pabrikan dunia, telah menghadirkan produk baru yang lebih ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Dapur pacu yang digunakan dalam sebuah mobil kini telah memasuki evolusi baru. Tak hanya sekadar peminum bensin dan solar semata, namun juga dilengkapi dengan motor listrik agar lebih hemat bbm dan minim polusi. Teknologi tersebut dinamakan hybrid.

Baca Juga: Fakta Penting Seputar Mobil Hybrid Yang Perlu Diketahui

Untuk saat ini sudah banyak sekali jenis mobil Hybrid yang sudah ada di indonesia. Seperti City Car, MPV, SUV, Sedan dan masih banyak lagi. Berikut ini KabarOto tampilkan 5 mobil Hybrid yang bisa menjadi pilihan:

1. Toyota All New Camry 2.5 Hybrid

Awal tahun 2019 Toyota menghadirkan All New Camry berteknologi Hybrid. Dengan mengusung dapur pacu 4 silinder DOHC VVT-i 2.5L dengan seri mesin 2AR-FXE, menghasilkan tenaga sebesar dk 205 PS pada putaran mesin 5.700 rpm. Di Indonesia, Camry Hybrid dijual dengan angka Rp 806,6 juta.

Toyota Camry Hybrid

2. Nissan New X-Trail Hybrid

Di Indonesia, produsen mobil asal Jepang Nissan turut meramaikan pasar kendaraan Hybrid dengan merilis X-Trail Hybrid. Sport Utility Vehicle (SUV) yang sangat populer di Indonesia ini, hadir dengan menggunakan mesin 2.0L CVT.

Dapur pacu tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 185 dk, yang disumbang oleh mesin bensin sebesar 144 dk dan motor listrik sebesar 41 dk.

Mobil Hybrid pertama di segmennya itu, memiliki akselerasi 0-100 kpj hanya dalam waktu 10.1 detik saja. Nissan menjual X-Trail generasi ke-tiga tersebut dengan harga Rp 664,7 juta.

Nissan X-Trail Hybrid

3. Toyota Alphard Hybrid

PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan MPV mewah ini pada tahun 2015, pada saat gelaran Gakindo indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) dengan nama Toyota New Alphard 2.5 Hybird.

Sama seperti Camry, Toyota new alphard 2.5 hybrid menggunakan mesin 2AR-FXE dan mendapat tambahan dua motor listrik yang berada di bagian depan dan belakang serta di legkapi dengan e-Four.

Sistem ini akan mengalihkan tenaga penggerak dari mesin ke motor listrik sesuai dengan kecepatan mobil. New Alphard hybrid memiliki tenaga yang cukup besar namun efisien dari mesin bensin sebesar 152 dk pada putaran mesin 6000 rpm, dan dari motor listrik bagian depan sebesar 143 dk dan untuk bagian belakang 68 dk. Toyota menjual Alphard Hybrid sebesar Rp 1,5 miliar.

Toyota Alphard Hybrid

4. Lexus ES300h

Salah satu produsen mobil mewah asal Jepang, Lexus, membawa salah satu produk Hybridnya ke Indonesia yakni ES300h. Sedan medium ini memiliki desain yang sangat mewah khas Lexus, dengan grill depan berbentuk hexagonal.

Lexus ES300h dibekali dengan mesin berkapasitas 2.500 cc, 4 silinder, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 202 dk, dan mampu menghasilkan torsi 215 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Dengan tenaga tersebut, ES300h sanggup melakukan akselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 8,5 detik. Di atas kertas, mobil ini memiliki angka konsumsi bahan bakar 18,5 Km/Liter.

Lexus ES300h

5. Toyota Prius

Mobil Hybrid pertama Toyota yang hadir di Indonesia ini, telah ada sejak 10 tahun yang lalu di indonesia. Di awal kemunculannya, mobil dengan desain futuristik tersebut sempat membuat khalayak penasaran.

Generasi ketiga dari Toyota Prius yang dipasarkan di Indonesia ini menggunakan mesin 2ZR-FXE yang berkapasitas 1.800 cc 4 silinder serta dual VVT-i. Mobil tersebut menggunakan sistem penggerak roda depan dengan 2 buah motor listrik.

Baca Juga: Ini Detail Spesifikasi Honda CR-V Hybrid

Jangan kaget bila saat berkunjung ke dealer Toyota, Anda tidak akan menemukan mobil ini. Karena Prius bisa dipesan, dengan status spot order bukan regular order. Mobil baru didatangkan dari Jepang, jika ada pesanan yang masuk dari konsumen, dengan membayar uang pangkal khusus. Di Indonesia, mobil ini dijual dengan harga Rp 500 jutaan.

Toyota Prius Hybrid