POPULAR STORIES

Ini Dia, Komponen Sepeda Motor Paling Sering Diganti

Ini Dia, Komponen Sepeda Motor Paling Sering Diganti

KabarOto.com - Sepeda motor merupakan kendaraan yang memerlukan perawatan secara berkala agar tetap dalam kondisi prima saat dikendarai. Jika tidak dilakukan perawatan secara berkala maka performa dan keawetan komponen sepeda motor menjadi menurun.

Perawatan harus dilakukan secara rutin dan berkala karena terdapat beberapa komponen di sepeda motor yang mempunyai masa kedaluwarsa atau tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga: Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Nyaman Digunakan

Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, apabila tidak mengganti komponen tersebut dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dapat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya sepeda motor sulit untuk dihidupkan hingga performa mesin tidak maksimal.

Setidaknya terdapat tujuh komponen sepeda motor yang perlu diganti secara berkala, di antaranya :

1. Oli Mesin
Oli mesin mempunyai peran sangat penting di sepeda motor. Pemilik diwajibkan mengganti oli mesin secara berkala dan rutin karena bagian ini berperan sebagai pelumas kinerja di dalam mesin kendaraan.

“Idealnya oli mesin diganti dengan batasan maksimal setiap empat bulan sekali atau ketika sudah memasuki jarak tempuh 4.000 km. Namun perlu diperhatikan, penggantian oli ini turut didasarkan pada kondisi jalan atau jarak yang ditempuh bahkan kondisi cuaca atau lingkungan sekitar. Karena semakin jauh jarak tempuh yang dilewati, maka penggantian oli bisa lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan,” ujar Ade.