Ini Faktor Penyebab Kecelakaan Motor Di Jalan

Ini Faktor Penyebab Kecelakaan Motor di Jalan Pengendara motor di jalan

KabarOto.com - Kecelakaan bisa terjadi, tanpa bisa diprediksi kapan dan di mana. Untuk itu kita sebagai pengendara motor harus mengetahui penyebab utama kecelakaan di jalan. Tim Safety Riding Promotion (SRP), Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) berbagi edukasi, penyebab kecelakaan di jalan.

Pertama, suasana hati (mood) harus baik. Karena ternyata ini adalah salah satu faktor utama yang berpengaruh pada gaya, pola hingga emosional pengendara ketika di jalan raya.

Baca Juga: Begini Kondisi Alex Marquez Usai Kecelakaan Di Tes Pramusim Kedua MotoGP Qatar 2021

“Masalah kerja, rumah tangga dan lainnya, harus ditinggal, jangan dibawa ke jalan," jelas Head Of SRP Wahana, Agus Sani.

Banjir menjadi salah satu penyebab kecelakaan

Dia menjelaskan, menjaga emosi baik dari diri sendiri atau pun adanya gangguan dari pengendara lain di jalan adalah kunci agar pengendalian sepeda motor lebih baik. "Lebih baik hindari pengguna jalan lain yang memang dapat memancing emosi," tambah pria berkacamata ini.

Kedua harus kondisi kesehatan juga memiliki peran penting keselamatan. Sehat menjadi modal utam mengendarai sepeda motor. Pengendara dapat mengendalikan motor dengan baik kalau dirinya sehat. Jika tidak, misalkan pusing maka konsentrasi akan buyar, motor sulit dikendalikan.

"Usahakan memakai helm berkaca pelindung dan wajib bermasker untuk menghindari kemungkinan kontaminasi virus di jalan," tambah Agus.

Penyebab lainnya Lainnya, kondisi alam, cuaca hingga kondisi jalan yang dilalui juga memiliki peran terhadap timbulnya kecelakaan pengendara motor. Hujan dan angin kencang kondisi alam dapat memberikan efek fatal pada pengendara.

Baca Juga: Berapa Lama Fast Doctor Tiba Di Lokasi Kecelakaan?

Karena, saat hujan jalan tertutup genangan air, mengganggu visibilitas dan kesiapan pengendara dalam mengantisipasi lubang jalanan.