POPULAR STORIES

Ini Fungsi 3 Zona Di Safety Riding Lab AHM

Ini Fungsi 3 Zona di Safety Riding Lab AHM

KabarOto.com - Safety Riding Lab yang dibangun di SMK Panca Abdi Bangsa (PABA), Kota Binjai, Sumatera Utara diresmikan. Safety Riding Lab ini dibuat oleh Yayasan Astra Honda Motor (AHM) dalam rangka menyinergikan peran duta keselamatan berkendara.

Sebelumnya PT AHM sudah mulai membina siswa siswi sebagai duta keselamatan berkendara. Sebenarnya, Safety Riding Lab sudah dikembangkan oleh Yayasan AHM sejak 2018. Dimana fasilitas di Binjai merupakan tempat edukasi ketiga yang dibangun.

Baca Juga: Moge Honda Ini Paling Diminati Warga Jakarta Dan Tangerang

"Pembangunan Safety Riding Lab ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan AHM dalam meningkatkan kesadaran kepada generasi muda akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan," I Putu Astawa selaku Ketua Yayasan AHM.

Di Lab tersebut terdapat beberapa bagian yang difungsikan secara komprehensif untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan dan menerima materi keselamatan berkendara. Safety Riding Lab dibagi menjadi tiga zona yaitu Zona Audio-Visual, Zona Simulasi, dan Zona Praktik.

Jika dijabarkan satu persatu, setiap zona memiliki fungsi sendiri-sendiri. Zona Audio-Visual berfungsi sebagai sarana bagi siswa duta safety riding sekolah melakukan aktivitas. Disini, mereka bisa menggunakan Zona untuk ruang membuat blog dan pembahasan fotografi yang didapat setiap kegiatan safety riding.

Zona berikutnya yaitu Zona Simulasi yang dindingnya dibuat tiga dimensi. Di ruangan ini penampakannya dibuat seperti di jalan raya. Zona Simulasi dilengkapi dengan media praktik berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan perlengkapan berkendara aman.

Baca Juga: Gangguan CVT Di Honda ADV150, Ini yang Harus Dilakukan

Di Zona tersebu, para duta safety bisa mempertajam ilmunya dengan buku-buku referensi dan beberapa simulasi komponen sepeda motor yang tersedia disana.

Terakhir yaitu Zona Praktek, bagian ini spesifikasinya mengacu pada Peraturan Kapolri no 9 tahun 2019 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Zona ini berfungsi sebagai area praktik berkendara yang lengkap dengan tekstur berbagai kondisi jalan dan rambu lalu lintas.