POPULAR STORIES

Ini Fungsi 9 Fitur TSS Di All New Toyota Vios 2022

Ini Fungsi 9 Fitur TSS di All new Toyota Vios 2022 Kipli/ TAM

KabarOto.com - Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan sedan entry level terbarunya, Toyota Allah New Vios. Harganya mulai Rp 314 jutaan.

Mobil tersebut dilengkapi teknologi Toyota Safety Sense (TSS), terdiri atas 9 fitur. Salah satunya Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), fungsinya untuk mengurangi risiko menabrak kendaraan lain yang ada di depan. Akan memberi peringatan sampai pengereman, bahkan berhenti darurat jika dibutuhkan.

Berikutnya adalah Pedal Misoperation Control (PMC), mengurangi potensi kecelakaan, akibat kesalahan penerapan pedal gas, menyalakan alarm peringatan, melakukan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga, sehingga laju mobil tertahan.

Baca Juga: Profil All-new Toyota Vios 2022

Ketiga Lane Departure Warning (LDW), dapat membaca marka jalan, untuk selanjutnya memberikan alarm peringatan, jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya.

Kemudian Lane Departure Prevention (LDP) mencegah mobil pindah lajur di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus.

Kelima, Auto High Beam (AHB), bekerja menyalakan lampu jauh atau high beam, untuk meningkatkan daya pandang pengemudi di malam hari. Selain itu, mengembalikan ke lampu utama (low beam) ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.

Blind Spot Monitoring (BSM) juga disematkan, untuk memberikan sinyal lewat grafis di kaca spion samping. Sebagai peringatan ketika ada mobil lain di area blind spot, sehingga pengemudi lebih waspada.

Baca Juga: All-New Toyota Vios Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp314 Jutaan

Rear Cross Traffic Alert (RCTA) mendeteksi kendaraan atau obyek lain, yang mendekat di belakang ketika parkir, untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain, di depan dan menjaga jarak aman dengannya, sehingga sangat efektif ketika cruising di jalan tol.

Terakhir, Front Departure Alert (FDA) yang akan memberikan peringatan suara, ketika mobil di depan tiba-tiba mundur saat mengantri di jalan macet untuk mencegah tabrakan.

Toyota Vios dikembangkan sebagai sedan yang tangguh dan dapat diandalkan. "Kami harap dapat menghadirkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bermobilitas,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.