POPULAR STORIES

Profil All-new Toyota Vios 2022

Profil All-new Toyota Vios 2022 Kipli/ TAM

KabarOto.com - All New Vios kini resmi menginjak generasi ke-4. Sekarang, mobil ini memiliki dimensi yang lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm, serta wheelbase bertambah 70 mm dibanding generasi sebelumnya.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Wajah depannya terpampang gril trapezoidal besar dengan bilah hitam 3 dimensi. Adapun gril tipis melintang ditemani lampu depan L-shape LED.

Pelek material alloy berdiameter 17 inci diklaim turut menyumbang tampilan elegan ditambah jendela ke-3 di belakang pintu samping (6-light window), untuk menegaskan kabin yang lebih mundur ke belakang.

Sentuhan lampu belakang LED L-shape di buritan, ditemani diffuser, antena shark fin dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Dominasi warna hitam pada kabin ada pada dasbor bahan soft touch yang selaras dengan desain door trim. Pada Vios grade G, penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

Baca juga: All-New Toyota Vios Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp314 Jutaan

Sistem hiburan dilengkapi layar TFT berukuran 7-inci dan spidometer digital LED, adapun Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan 4 mode mengikuti selera pengemudi.

Electric Parking Brake diaplikasikan pada seluruh grade All New Vios. Selain itu, handling All New Vios grade G dilengkapi pilihan mode berkendara Eco, Normal dan Sport lewat tombol di kemudi.

Sistem audio menggunakan layar sentuh 9 inch floating di tengah dashbor, yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP) di seluruh grade All New Vios.

All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

TSS pada All New Vios terdiri atas 9 fitur safety. Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam (AHB), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Front Departure Alert (FDA).

Fitur tersebut dilengkapi dengan rem ABS+EBD+BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda. Terdapat pula Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios.

Baca juga: Sejarah Perjalanan Toyota Vios Di Indonesia

Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving di jalan.

All New Vios juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch, yang menghubungkan pengguna All New Vios ke seluruh layanan Toyota.

All New Vios kini mengadopsi mesin baru berkode 2NR-VE dengan konfigurasi 4 silinder teknologi Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut adalah 104,6 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm/4.200 rpm. Transmisinya tersedia jenis manual 5 percepatan dan CVT.

All New Vios hadir dengan lima (5) pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.