POPULAR STORIES

Sejarah Perjalanan Toyota Vios Di Indonesia

Sejarah Perjalanan Toyota Vios di Indonesia indianaautoblog/ KabarOto, Wikipedia

KabarOto.com - Toyota Vios lahir sebagai sedan terjangkau, dan telah eksis di dunia otomotif selama kurang lebih 19 tahun.

Hal tersebut berawal ketika Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali menghadirkan Vios tahun 2003. Targetnya adalah menggempur pasar sedan kelas entry level yang kala itu dikuasai Honda City dan Suzuki Baleno Next G.

Hal tersebut dilakukan untuk menggantikan posisi saudaranya yakni Toyota Soluna yang sudah berhenti produksi.

Generasi pertama Toyota Vios hadir pada 2003

Baca juga: Cara Toyota Turunkan Emisi Karbon Di Indonesia

Vios juga termasuk jadi sedan andalan masyarakat Tanah Air, berkat penggunaannya sebagai armada taksi yang notabene 'bandel' untuk digunakan sehari-hari.

Mesin awalnya berkode 1NZ-FE dengan konfigurasi 4 silinder segaris DOHC berkapasitas 1.500 cc.

Sedan sub compact atau B-segment class ini mengusung teknologi VVT-i dan diklaim menghasilkan tenaga 109 dk di 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.

Berselang 2 tahun, 2005 Vios mengalami facelift, perubahan minor pada desain gril (kontur V), lampu sein di sepatbor dan interior warna ivory.

Sejarah Toyota Vios lanjut pada generasi kedua. Model ini diperkenalkan pada tahun 2007 dengan membawa desain yang lebih modern, seperti wajah depan dan buritan lampu belakang dan fitur Intelligent Drive by Wire ETCS-i.

Kabinnya pun mengalami pembaruan pada jok dan kaki-kaki yang direvisi sehingga lebih empuk dibandingkan versi terdahulunya.

Tak hanya fitur airbag, pada generasi ini, Vios telah dilengkapi ABS, EBD dan BA serta collapsible steering column di semua varian, dengan rem tromol tetap bertengger di roda belakang.

Generasi kedua hadir mulai 2007 hingga 2013

Beralih ke tahun 2010, Toyota Vios mengalami facelift dengan aksen krom pada gril, desain pelek, desain lampu belakang baru, serta lis krom di buritan.

Kabinnya disegarkan dengan warna beige dengan pola jok yang baru. dan Versi TRD Sportivo hadir dengan membawa tampilan eksterior bertema sporty.

Toyota mulai memproduksi Vios secara lokal di Indonesia pada 2013 setelah sebelumnya, mobil sedan ini langsung impor dari Thailand.

Toyota Vios generasi ketiga tersebut mendapatkan perubahan gril dan wajah depan dengan konsep elegan.

Adapun pelek 15 inci baru pada tipe standar, dan 16 inci untuk Toyota All New Limo Vios G dan TRD Sportivo.

Toyota vios generasi ke-3 memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.700 mm serta tinggi 1.460 mm. Sedangkan sebelumnya (Gen2) memiliki panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi New Citroen C3, Calon Pesaing Toyota Raize

Vios generasi ketiga, mengaspal mulai 2013 hingga saat ini

Sekian lama bertahan dengan mesin 1NZ-FE, tahun 2018 Vios diperbaharui dengan menggunakan mesin 2NR-FE dengan teknologi Dual VVT-i.

Peningkatan fitur keselamatannya yakni airbag sebanyak 7 titik, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, dan Emergency Brake Signal.

Tahun 2018, mobil tersebut dikeluarkan dengan versi facelift, perbedaan mencolok ada di dalam kabin yakni mengusung 7 inci HD Display, DVD, koneksi iPod dan ponsel melalui USB, AUX, serta miracast.

Sistem hiburan dilengkapi juga dengan konektivitas internet Weblink, dan kontrol melalui aplikasi ponsel pintar.

Eksteriornya memiliki gril depan dengan garis horizontal, berukuran semakin ke atas dan besar. Desain lampu depan baru juga turut menyumbang estetika mobil tersebut.

Kehadiran Toyota Vios terbaru pun sudah mulai tercium, kabarnya model baru nanti akan mengusung platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Sama seperti yang digunakan pada Toyota Raize/Daihatsu Rocky.