POPULAR STORIES

Ini Honda Civic Ferio AWD Pertama Di Asia Tenggara

Ini Honda Civic Ferio AWD Pertama di Asia Tenggara Foto : Deddy / KabarOto

KabarOto.com – Sejatinya, sebuah Honda Civic Ferio merupakan sedan penggerak roda depan. Namun, berbeda nih dengan Ferio milik Haviedz Pahlevie yang satu ini, karena selain mesinnya sudah ganti (swap engine), sistem penggerak mobil tersebut juga sudah penggerak empat roda atau all wheel drive (AWD), tapi masih nyaman dipakai harian.

Untuk bagian eksterior, memang tidak banyak menampilkan body kit yang berlebihan, hanya dilakukan penggantian bumper depan Airwalker, gril bertuliskan AWD, dan ducktail kustom. Dibalur dengan finishing warna putih xyrallic sehingga terkesan clean dan dinamis.

Baca juga: Honda Civic Estilo Hasil Kolaborasi Indonesia dan Amerika

Soal kaki-kaki, peleknya menggunakan Advan RG1 warna Gold yang sangat serasi disandingkan dengan warna bodinya. Spesifikasi ukurannya 16 inci lebar 7, dibalut ban semi slick Yokohama Advan Neova ukuran 205/50 R16.

Sementara bagian suspensi dan pengereman, Haviedz memilih memakai suspensi coilover dari Tanabe Sustec Pro agar mudah dinaik turunkan dan nyaman dipakai harian. Serta pengereman depan menggunakan lansiran Endless ukuran disc slotted drilled 285 mm, berikut selang rem demi menahan tekanan rem lebih berat. Serta belakangnya mempertahankan standar.

Soal mesin, ketika kap mesin mekanisme hidrolik itu dibuka. Maka tampak ruang mesin wiretuck yang sangat rapi. Tidak ada kabel melintang, bahkan kita tidak akan melihat aki ataupun radiator. Mesinnya memakai K series, bagian bawahnya K24 RBB sementara kepala silindernya K20R.

Serta beberapa komponen internal telah masuk stage 2, kepala silinder sudah porting polish, 3 angle valve, piston Wiseco 11.5, conrod Manley, street camshaft 4p, per klep Ferrea, dan sebagainya. Lalu sisanya seperti fuel rail, dan engine mounting menggunakan buatan Supernova dan pengaturan ECU dipercayakan kepada Link ECU.

Untuk tenaga, Haviedz selaku owner dari Ferio AWD dan bengkel Supernova ini menyebutkan bahwa perkiraan tenaganya kurang lebih sekitar 300 dk.

Baca juga: Honda Civic Ferio 2000 Modifikasi Hasil Ekspresi Terpendam

Sistem penggerak AWD sendiri diambil bukan dari Honda CR-V, tapi Civic Wagon. “Bahan dari Civic Wagon itu besi, kalau CR-V alumunium, sehingga lebih kuat. Kopel dan gardan semuanya pake Civic Wagon,” jelasnya.

Mengintip bagian interiornya, masih mempertahankan tampilan dasbor standar, namun layaknya mobil modifikasi, maka spidometer sudah menggunakan dash logger AIM digital sehingga lebih lengkap informasinya. Lalu disematkan juga gauge AIM pengukur air fuel ratio dan turbo boost meter untuk projek selanjutnya. Setir Momo 5 inci dan shifter K-Tuned.

Jok pun special karena menggunakan bucket seat Recaro yang diambil dari Mitsubishi Lancer Evolution. Serta demi menghadirkan suasana kabin dinamis maka dipasangkan head unit Kenwood seri 9, amplifier ARC Audio, speaker 3 way dan subwoofer JL Audio, dijamin memberi lantunan suara dinamis khas setting sound quality (SQ).

Soal pengerjaan, Haviedz mengaku memakan waktu sekitar 5 bulanan, serta berapa budgetnya? Untuk biaya modifikasi ini, dihabiskan anggaran kurang lebih Rp 300 jutaan.