POPULAR STORIES

Ini Kata CEO Dorna Perihal Kawasaki Di MotoGP

Ini Kata CEO Dorna Perihal Kawasaki di MotoGP Teks: Bagus / BS

KabarOto.com - Saat ini MotoGP diikuti sebelas tim yang terdiri dari lima tim pabrikan dari Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, dan KTM. Lalu, satu tim privat yang melebur dengan pabrikan (Aprilia Gresini) dan lima tim privat lainnya.

Total dari pembalap MotoGP musim 2020 ini adalah 22 orang. Jumlah tersebut membuat CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, bersikukuh bahwa tidak ada tempat untuk tim pabrikan lain yang ingin ikut serta berkompetisi di MotoGP musim ini.

“Sejujurnya, kami tidak akan memiliki tempat lagi saat ini. Untuk 2020, Aprilia sudah meminta tempat sebagai konstruktor (tim pabrikan sendiri), sesuatu yang sebelumnya tidak diinginkan. Oleh karena itu, kami akan memiliki enam pabrikan yang memiliki jumlah yang sama dengan jumlah tim privat (6 tim pabrikan dan 6 tim privat). Berarti, masing-masing tim akan memiliki kesempatan untuk memyewa motor-motor yang menarik minat mereka, tanpa kewajiban apa pun,” ungkap Carmelo.

Baca juga: Kawasaki Z900 Terbaru Sudah Bisa Ditebus Rp 250 Juta

Jika ada pabrikan yang ingin ikut serta berkompetisi di MotoGP, pabrikan tersebut harus melebur bersama tim balap yang berkompetisi di MotoGP saat ini.

“Jadi, jika saya harus memberikan contoh, Kawasaki hanya bisa masuk jika mereka mencapai kesepakatan dengan tim,” ujar CEO Dorna tersebut.

Carmelo Ezpeleta juga mengungkapkan bahwa Kawasaki pernah ingin turun di MotoGP dengan motor Ninja ZX-10RR yang membawa Jonathan Rea jadi juara dunia lima kali beruntun.

“Saya akan memberitahumu sesuatu. Baru-baru ini, Kawasaki meminta saya untuk kemungkinan mengambil wildcard dengan motor superbike mereka. Saya menjawab tidak, karena wildcard disediakan untuk mereka yang berpartisipasi di MotoGP, saya suka blak-blakan. Saya tidak berpikir ini adalah satu-satunya solusi, tetapi ini yang terbaik untuk kita,” tutup Carmelo Ezpeleta dikutip dari GP One. (BAGUS)