Ini Kata Pembalap Mengenai Performa All New Honda Brio

Ini Kata Pembalap Mengenai Performa All New Honda Brio All New Honda Brio

KabarOto.com - Kehadiran All New Honda Brio ternyata tidak hanya menarik perhatian masyarakat di Indonesia, namun juga ternyata menarik simpati dari pembalap nasional, Alvin Bahar. Dengan beberapa ubahan yang terjadi pada Brio terbaru, Alvin meyakini bahwa city car andalan Honda ini mampu melesat lebih cepat dari model sebelumnya.

Saat berbincang dengan KabarOto di sela-sela media test drive All New Honda Brio, Alvin yang saat itu telah mengeksplorasi performa All New Brio mulai dari akselerasi, kelincahan, serta manuver menjelaskan, "All new Brio ini lebih stabil, begitupun saat cornerin. Jadi sepertinya untuk di lintasan Sentul, catatan waktunya bisa lebih cepat setengah detik," ujarnya.

Alvin pun menambahkan, "Selain lebih stabil, All New Brio ini ternyata tetap nyaman. Brio yang dulu kan sangat lincah dan bermanuver, saya pikir sekarang dengan ukuran lebih panjang manuvernya berkurang, ternyata tidak. Saat saya mencoba bermanuver meskipun mesin mirip dengan generasi sebelumnya, namun terasa mesin sekarang lebih improve," paparnya.

Baca juga: Rahasia Menarik Seputar All New Honda Brio Yang Perlu Diketahui

Selain itu, Alvin pun mengaku, "Kalau lintasan balap memang kita belum coba, karena kan mobil ini baru diluncurkan. Tapi selama saya mencoba mobil ini saya merasakan antara high speed dengan manuver itu sangat memuaskan. Contohnya itu, saat tikungan high speed, All New Brio ini lebih baik. Handling pun juga lebih baik. Buat yang non master mobil ini lebih easy to drive. Jadi saya prediksi para pembalap Brio pasti akan berpaling pakai yang versi baru ini," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Large Project Leader All New Honda Brio, Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., Tsutomu Harano, pun akhirnya mau membuka rahasia dibalik ubahan yang terjadi pada All New Honda Brio, khususnya pada bagian kaki-kaki yang menunjang performa serta kenyamanan mobil itu.

Menurut Harano, improvement pada kaki-kaki All New Honda Brio merupakan langkah maju yang diterapkan tim R&D. "Tujuannya untuk memberi kenyamanan yang lebih baik kepada pengguna. All New Honda Brio mendapatkan paket ubahan pada sektor kaki-kaki yakni dengan dumper, bushing shock, dan spring baru," katanya.

"Konsep pada kaki-kaki masih sama seperti model sebelumnya, tapi paket baru ini lebih nyaman untuk mengimbangi bodi bongsor All New Honda Brio. Nilai tambahnya adalah membuat mobil jadi lebih stabil saat menikung atau berjalan secara zigzag, karena ditopang oleh stabillizer dengan diameter lebih besar. Stabillizer inilah yang menjaga mobil tidak mudah limbung saat menikung meskipun dengan kecepatan tinggi seperti yang dirasakan Alvin Bahar," pungkas Harano.