Ini Kebaruan Honda CRF1100L Africa Twin

Ini Kebaruan Honda CRF1100L Africa Twin

KabarOto.com - Untuk memenuhi keinginan pencinta petualang, PT Astra Honda Motor (AHM) hadirkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan dua tipe, yaitu manual dan DTC. Sebagai model terbaru, motor ini hadir dengan mesin baru 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 100 dk @ 7.500 rpm dengan torsi maksiml 105 Nm @ 6.000 rpm. Motor tangguh ini lebih ringan 5 kilogram dari model sebelumnya, sehingga semakin lincah dalam bertualang di medan on-road maupun off-road.

Baca Juga: Honda Perkenalkan CRF1100L Africa Twin Dan Rebel 500 Baru, Ini Harganya

Selain mesin yang tangguh, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports didukung dengan fitur yang lengkap dan canggih, yakni sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain, seperti ECU dan ABS sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan.

Layar sentuh TFT 6,5 inci menampilkan informasi yang lengkap

Juga dilengkapi pengaplikasian 4+2 mode berkendara, yaitu tour, urban, gravel dan off-road. Untuk 2 riding mode tambahan yang dapat diatur oleh pengendara disesuaikan kebutuhan berkendara.

Tampilan depan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports desainnya bertambah kokoh dan juga lebar, sehingga lebih tangguh. Desain jok dan tangki bensinnya lebih ramping, dengan kapasitas bahan bakar 24,8 liter. Sama seperti model sebelumnya, terdapat windscreen yang dapat disesuaikan dengan lima tingkat ketinggian.

Lampu LED yang memberikan penerangan maksimal

Kebaruan yang ada pada motor tangguh ini adalah full digital panel meter dengan layar sentuh TFT 6,5 inci menampilkan informasi yang lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara. Fitur ini juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi bluetooth. Semua fitur itu dihadirkan untuk kebutuhan pemiliknya.

Untuk tipe DCT terdapat 2 mode yaitu D dan S, mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S yang memberikan tambahan performa sport. Ada juga ”G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road. Saat fitur ”G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut.

Pengaturan fitur terdapat di setang sebelah kiri

Untuk Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe DCT telah dilengkapi fitur cornering detect. Fitur ini berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

Canggihnya lagi, kedua model Honda CRF1100L Africa Twin terbaru ini dibekali dengan sensor IMU untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan terkoneksi dengan ECU dan ABS, memberi keamanan maksumal untuk pengendaranya. Selain itu ada juga fitur cornering ABS, yang berfungsi untuk mencegah ban terkunci saat ngerem dijalan berbelok.

Fitur cornering ABS, yang berfungsi untuk mencegah ban terkunci saat ngerem dijalan berbelok

Baca Juga: Honda Rebel 250 S Edition, Ini Lebih Keren!

Tak sampai di situ, ada juga rear lift control untuk mencegah ban belakang terangkat karena pengereman yang berlebih, fitur cornering light akan menyalakan lampu tambahan untuk membantu penerangan jalan sesuai dengan posisi kemiringan motor. Dan yang terakhir terdapat wheelie control untuk mencegah ban depan terangkat akibat hentakan tenaga yang berlebih.