POPULAR STORIES

Ini Kelebihan Menggunakan MLFF Saat Bayar Tol

Ini Kelebihan Menggunakan MLFF Saat Bayar Tol gerbang Tol Cibubur (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Sistem bayar tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diaplikasikan pada akhir tahun 2022 mendatang. Dengan begitu, pengguna jalan tol tidak lagi mengetap menggunakan uang elektronik saat masuk dan keluar tol.

Lalu apa kelebihan menggunakan sistem MLFF tersebut?

Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Galuh Permana Waluyo dalam seminar Virtual, Selasa kemarin (28/12) menyampaikan beberapa manfaat.

Baca juga: Tahun Depan Bayar Tol Tidak Perlu Berhenti Dan Antri

Gerbang tol akan menerapkan transaksi tanpa sentuh

Menurut Galuh Permana Waluyo salah satu di antaranya menghilangkan kemacetan di gerbang tol yang selama ini terjadi. Dengan sistem ini, pengguna jalan tidak perlu mengantri untuk melakukan tap di gerbang.

Manfaat lain dari implementasi MLFF ini adalah mengurangi polusi dan emisi karbon, mendukung digitalisasi pembayaran dengan membuka opsi seluruh instrumen pembayaran. Selain itu menurut Galuh Permana Waluyo, efisiensi biaya operasional pengumpulan tol oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Namun, dengan jaminan, BUJT tetap menerima 100 persen pendapatan tol. BPJT sebelum menerapkannya, akan mulai menguji coba sistem transaksi tol nirsentuh, baik untuk Single Lane Free Flow (SLFF) ataupun Multi Lane Free Flow (MLFF)

Baca juga: Polri Akan Luncurkan Smart SIM, Bisa Dipake Belanja Dan Bayar Tol

Sementara itu, Kepala BPJT Danang Parikesit menyampaikan ruas-ruas tol yang akan mengimplementasikan MLFF secara bertahap akan terus dievaluasi, kemungkinan besar di kota-kota besar seperti Jabodetabek dan Surabaya.