POPULAR STORIES

Polri Akan Luncurkan Smart SIM, Bisa Dipake Belanja Dan Bayar Tol

Polri Akan Luncurkan Smart SIM, Bisa Dipake Belanja dan Bayar Tol Bagian Depan Smart SIM.

KabarOto.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) kini semakin modern. Kolantas Mabes Polri akan membuat Smart SIM, dimana Surat Izin Mengemudi itu memiliki fungsi ganda yaitu sebagai e-money yang bisa digunakan di mana saja.

Kepala Koordinasi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengungkapkan, Polri akan merilis SIM baru atau Smart SIM bisa difungsikan sebagai e-money pada 22 September 2019 nanti.

Baca Juga: Kini Penyandang Disabilitas Di Rembang Bisa Bikin SIM D

Smart SIM ini telah dikenalkan atau soft launching di Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (22/8/2019) lalu. Smart SIM ini memiliki tampilan yang baru, berwarna merah putih, di mana terdapat invisible ini berlogo lantas yang dilengkapi dengan dual hidden image bertuliskan SIM & INA dan microtext bertuliskan SIM.

Bagian belakang Smart SIM.

Dalam SIM itu berisi informasi data diri ditulis dengan font anti copy pada bagian depan SIM dan dilengkapi dengan chip kapasitas yang memadai, seperti semua data lengkap untuk kepentingan forensik kepolisian berisi identitas yang pemegang SIM.

"SIM ini sudah ditanamkan chip, bisa menyimpan data, Pemegang SIM nanti akan tercatat pelanggaran ringan, sedang atau berat. SIM ini tidak bisa dipalsukan, di contohkan dan juga dimodifikasi," ujar Refdi dalam akun ntmc-polri.

Baca Juga: Pemohon SIM Sering Gagal, Polresta Surakarta Fasilitasi Pelatihan Gratis

Dengan begitu, semua pelanggaran lalu lintas akan tercatat dengan valid, baik itu pelanggaran ringan, sedang dan berat. Sementara itu tampak belakang mempunyai latar belakang berwarna putih, yang fungsinya sebagai e-money. Dengan pemegang SIM dapat mengisis e-money ini dengan saldo saldo maksimal Rp 2. e-Money ini bisa digunakan untuk pembayaran tol, kereta api, belanja.