Pemohon SIM Sering Gagal, Polresta Surakarta Fasilitasi Pelatihan Gratis

Pemohon SIM Sering Gagal, Polresta Surakarta Fasilitasi Pelatihan Gratis Foto: Tribata

KabarOto.com - Agar pengendara dapat bebas membawa kendaraan di jalan raya, wajib hukumnya memilikim SIM (Surat Izin Mengemudi) yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian. Sayangnya, bagi sebagian orang cukup sulit untuk mendapatkan SIM terutama bagi pemohon SIM C.

Termasuk di Surakarta, Jawa Tengah, proses memperoleh SIM juga dirasa sulit. Namun hal tersebut disiasati dengan cara memberi kesempatan bagi pembuat SIM dengan pelatihan praktik mengemudi dan ujian teori. Praktik ini bisa didapat bagi mereka yang sudah mengurus SIM namun tidak lulus saat proses pengujian.

Baca Juga: Cara Memilih Oli Yang Sesuai Untuk Kendaraan Anda

"Ini sebagai upaya memberi kesempatan kepada pemohon SIM tidak berhubungan dengan calo," ujar Kompol Imam Safi'i selaku Kasat Lantas Polresta Surakarta.

Tidak hanya ujian prakteknya saja, Polres juga menyediakan bank soal, sehingga bisa digunakan untuk belajar di rumah. Kegiatan ini dilakukan karena melihat banyaknya pemohon SIM di Polresta Surakarta, yaitu 70 sampai 100 orang perhari, namun sedikit yang lulus.

Sulitnya memperoleh Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Polresta Surakarta, disiasati dengan cara memberi kesempatan pelatihan praktek mengemudi dan ujian teori. Jadi dengan adanya latihan teori dan praktek yang disiapkan oleh pihak Kepolisian, diharapkan para pemohon dapat lulus ujian dan tidak melalui calo.

Baca Juga: Tunggu Penandatanganan, Tol Semarang-Demak Segera Dibangun Tahun Ini

Bagi Sobat KabarOto yang berada di Surakarta dan ingin mengikuti pelatihan ini, dapat datang ke Polresta Surakarta untuk mendapat kesempatan fasilitas tersebut. Pelatihan diselenggarakan setiap hari Senin hingga Kamis mulai pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB.

"Bagi pemohon lain juga silakan latihan agar ketika ujian lulus, dan perlu dicatat pelayanan ini gratis,” ujar Kasat Lantas," tambahnya.