Cara Memilih Oli Yang Sesuai Untuk Kendaraan Anda

Cara Memilih Oli yang Sesuai untuk Kendaraan Anda

KabarOto.com - Pelumas atau oli merupakan cairan yang sangat penting untuk kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil. Namun Anda harus jeli dalam memilih oli yang sesuai untuk kendaraan Anda. lalu bagaimanakah cara memilih oli yang benar agar tidak merusak kendaraan? Deananda Sudijono, memberikan beberapa cara memilih oli yang tepat bagi kendaraan.

1. Membaca Manual Book Kendaraan.

Untuk memilih oli yang sesuai baca buku panduan yang dikeluarkan oleh pabrikan. Di dalam buku panduan itu telah dijelaskan tentang spesifikasi mesin dan oli apa yang tepat.

Baca Juga: Castrol Luncurkan Pelumas GTX Ultraclean Khusus Mobil LCGC

"Simplenya sih untuk memilih oli yang pas adalah membaca manual book mobil Anda. Hal penting lainnya adalah kecocokan dengan mesin serta kualitas, bukan hanya mereknya saja ya," terangnya di daerah Pejaten, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

2. Kekentalan Oli.

Pada prinsipnya menurut Dea oli mesin memiliki fungsi yang sama. Namun pelumas tidak akan bekerja maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan karakter mesin kendaraan.

"Perbedaan oli itu terlihat dari kekentalan. Tingkat kekentalan alias viscosity-grade ini ditunjukkan dengan nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Semakin encer oli akan semakin baik untuk mesin mobil," tambah Dea.

3. Bahan Pembuatan Oli.

Oli dibedakan menjadi dua jenis bahan, yakni oli sintesis dan mineral. Oli sintetis dibuat dari berbagai bahan kimia dengan sifat aditif, sedangkan oli mineral terbentuk dari ekstraksi minyak bumi.

"Menurut saya oli yang baik itu adalah mineral yang berasal dari minyak bumi. Oli ini lebih alami dari oli sintesis yang sudah dicampurkan bahan kimia," jelasnya.

Baca Juga: Castrol GTX Ultraclean, Terbukti Aman Untuk Penggunaan Taksi Online

4. Waspada dengan Oli Palsu.

Menurut Dea, saat ini banyak beredar oli palsu yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Harganya lebih murah dari oli asli pabrik. "Mudah mengenali ciri-ciri oli palsu, bisa dilihat dari harga, warna pelumas yang lebih pekat, dari bau agak tengik serta kasar, seperti ada kandungan logam," tuturnya.