POPULAR STORIES

Ini Kelebihan Penggerak Roda Depan Di Mobil Keluarga Kata Rifat Sungkar

Ini Kelebihan Penggerak Roda Depan di Mobil Keluarga kata Rifat Sungkar

KabarOto.com – Mobil keluarga apapun jenisnya dengan penggerak roda depan ternyata punya banyak kelebihan. Walau banyak mitos kalau mobil berpenggerak depan sulit menanjak. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Padahal sejatinya mobil penggerak depan punya performa lebih mumpuni loh, sebab tenaga dari mesin mobil langsung disalurkan ke dua roda di bagian depan. Tidak ada proses tenaga melalui gardan untuk menyalurkannya ke roda belakang. Selain itu, karena hanya membutuhkan sedikit komponen dan tidak ada gigi transmisi dan poros penyalur ke roda belakang, mobil FWD tentu punya bobot lebih ringan.

Baca juga: Begini Posisi Duduk Yang Benar Saat Menyetir

“Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan dan untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Ada perbedaan hanya pada mobil-mobil beban berat seperti truk,” kata Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi.

Keuntungan lainnya adalah dari handling, mobil FWD lebih mudah dikendalikan, sehingga pengemudi lebih mudah mengarahkan kendaraan sesuai dengan keinginan. Sementara dari sisi interior, ruang kabin belakang bisa dibuat rata, dan penumpang mendapatkan kenyamanan lebih ketika menempuh perjalanan jauh.

Menurut Rifat, hilangnya axle (as roda) membuat kabin lebih senyap dan tenaga mesin yang disalurkan ke roda pun lebih maksimal. “Misal mobil mesin bertenaga 100 dk, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Jika mobil FWD pasti ada tapi tidak besar,” pungkas Rifat.

Baca juga: Tips Menyetel Lampu Mobil Sobat KabarOto Dengan Mudah Di Rumah

Bukan hanya itu, mobil berpenggerak roda depan juga unggul saat traksi atau gaya gesek ban dan permukaan jalan terutama ketika hujan. Gaya gesek lebih aman karena roda depan menarik roda belakang, serta mesin mobil yang berada di depan juga membantu traksi lebih mencengkram.