POPULAR STORIES

Ini Langkah Astra Perbaiki Lingkungan Mataram

Ini Langkah Astra Perbaiki Lingkungan Mataram

KabarOto.com - Sampah plastik banyak kita jumpai di berbagai tempat di sekitar kita, seringnya dibiarkan begitu saja. Namun, bagi salah satu kelurahan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, tumpukan sampah plastik bisa jadi aset berharga, terutama dalam segi ekonomi.

Program bank sampah di Kampung Berseri Astra (KBA) Dasan Cermen, Mataram, sampah plastik dapat dikonversikan menjadi uang sebagai penambah penghasilan masyarakat di lokasi tersebut.

KBA Dasan Cermen merupakan salah satu kampung di Kota Mataram yang memiliki depo sampah TPS 3R (reduce, reuse, recycle), serta pengurus yang aktif melayani dan melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk program bank sampah sampai saat ini.

Baca Juga: Tenaga Toyota New GR Supra Naik 46 Dk, Ini Kata Toyota Astra Motor

“Program bank sampah sejalan dengan gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diinisiasi oleh Astra agar masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama dalam mengolah dan memperdayakan kembali penggunaan sampah plastik,” tutur ibu lurah sekaligus tokoh penggerak KBA Dasan Cermen Henny Suyasih.

Pihaknya bilang, hingga saat ini sekitar 70 orang menjadi nasabah bank sampah di KBA Dasan Cermen dengan total keseluruhan kas dari kegiatan bank sampah mencapai Rp 20 juta. Adanya program bank sampah ini dinilai cukup membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Beberapa nasabah memanfaatkan tabungan tersebut untuk keperluan pendidikan anak, pembangunan atau renovasi rumah serta keperluan mendesak lainnya. "Masyarakat sekitar sudah mulai memahami dampak circular economy dari sampah plastik,” ungkap local champion KBA Dasan Cermen selama 7 tahun itu.