POPULAR STORIES

Ini Lho Fungsi Bola-bola Yang Ada Di Trotoar

Ini Lho Fungsi Bola-bola yang Ada di Trotoar Pedestrian Surabaya dipasangi bollard (Foto: Jawapos)

KabarOto.com - Untuk warga Surabaya mungkin sudah tahu ya kalau setahun belakang ini trotoar di Surabaya semakin indah dengan adanya bola-bola yang menghias kota. Bahkan tidak hanya di Surabaya lho, tetapi kota besar seperti Yogyakarta, Bandung, dan Semarang juga ada.

Ternyata masih banyak warga yang tidak tahu kegunaan dari bola-bola yang namanya Bollard ini. Beberapa pejalan kaki malah menjadikan Bollard sebagai tempat duduk bahkan untuk selfie. Memang warna- warni kalau kata generasi milenial, spot-nya instagramable banget!

Nah jangan salah, Bollard yang berbentuk bola-bola cantik ini tidak dibuat semata-samata hanya untuk menghiasi atau sekedar mempercantik jalanan saja lho. Ada fungsi lain dibalik indahnya bola-bola ini, yang ternyata sangat membantu untuk keamanan pejalan kaki.

bollard

Ada beberapa fungsi yang bisa didapat dari pemasangan bola-bola ini. Fungsi utamanya adalah untuk mengamankan pejalan kaki dari kendaraan yang melintas. Seandainya ada kendaraan yang lepas kendali pastinya tidak akan masuk trotoar, karena bola-bola tersebut dijadikan sebagai penghalang.

Selain itu, hiasan ini digunakan untuk ketertiban pengendara karena kendaraan tidak bisa lagi masuk kedalam trotoar, Bollard ini akan menghambat kendaraan bermotor untuk masuk kedalam kawasan khusus pejalan kaki itu.

Baca Juga: NMAA Bawa Produk Aftermarket Indonesia Ke Jepang

Saat ini Bollard sudah terpasang dengan cantik di beberapa daerah kota Surabaya, seperti yang dikatakan Chalid Bukhori, yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) , "Di jalur pedestrian jalan utama, seperti di sisi timur Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Adityawarman, Jalan Embong Malang, dan Jalan Blauran."

Rencananya, pemasangan bola-bola akan terus dilakukan di setiap trotoar yang ada di Surabaya. Bahkan, tidak hanya satu atau dua warna, melainkan akan dicat dengan warna emas dan warna-warna yang lain.