POPULAR STORIES

Ini Spesifikasi Toyota Prius PHEV

Ini Spesifikasi Toyota Prius PHEV TAM

KabarOto.com - Toyota Prius PHEV pertama kali diperkenalkan tahun 2009 saat penyelenggaraan Frankfurt Motor Show. Pada Januari 2012, generasi pertama mobil ini resmi dipasarkan.

Pada 2017, Toyota meluncurkan generasi kedua Prius PHEV dengan driving range yang lebih panjang ketika menggunakan mode BEV. Mobil ini juga sukses melintasi lintasan rally Paris-Dakar sejauh 7.000 km, termasuk melintasi gurun pasir Sahara di Afrika pada Maret 2018.

Sejak diluncurkan pada 2012 hingga Desember 2019, Prius PHEV telah membukukan total penjualan 219.288 unit. Pasar Amerika Serikat, dalam dua tahun terakhir yaitu 2018 dan 2019 mobil ini berhasil meraih angka penjualan tertinggi sehingga menjadi market leader di segmennya.

Salah satu kelebihan Prius PHEV adalah kemampuan baterai yang lebih besar dan model pengisian baterai melalui sumber eksternal. Fleksibilitas mobil ini juga diklaim telah teruji karena mempunyai driving range yang panjang.

Baca Juga: Dukung Kendaraan Listrik Di Indonesia, Toyota Astra Motor Luncurkan Prius PHEV

Prius PHEV ditopang oleh mesin 2ZR-FXE kapasitas 1.800 cc dengan power dan torsi maksimum masing-masing 96,5 dk dan 142 Nm serta motor listrik 1 Nm/ISM dengan power dan torsi maksimum masing-masing 53 Kw (96,5 dk) dan 142 Nm. Ketika dalam mode BEV, mobil ini mempunyai jarak tempuh sejauh 68,2 km.

Prius PHEV menggunakan baterai jenis lithium-ion yang mempunyai tegangan 3,7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315,5 volt. Kapasitas baterai tercatat 8,8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220 Volt 16A.

Interior PHEV dilengkapi audio display entertainment dengan layar 8-inci. Untuk sisi keselamatan, mobil ini didukung berbagai fitur keselamatan dengan standar tertinggi Toyota yaitu Toyota Safety Sense (TSS), Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System, dan Vehicle Stability Control (VSC).

“Kami berharap melalui kehadiran Prius PHEV yang diawali dengan kolaborasi bersama GoFleet sebagai perusahaan penyedia dan pengelola kendaraan untuk mitra driver transportasi online ini akan semakin membuat kendaraan elektrifikasi makin dikenal,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.