POPULAR STORIES

Ini Suku Cadang Paling Dicari Saat Pandemik Covid-19

Ini Suku Cadang Paling Dicari Saat Pandemik Covid-19 Aki GS produksi Astra Otoparts

KabarOto.com - Banyak cara dilakukan oleh pelaku bisnis agar usaha mereka tetap berjalan di tengah Pendmik Covid-19. Barang yang dibuat mereka harus laku, agar perusahaan bisa tetap mendapatkan untung, untuk bisa menggaji pegawai-pegawainya tanpa harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Astra Otoparts salah satu perusahaan yang memiliki suku cadang untuk sepeda motor dan juga mobil. Perusahaan ini menjual produk-produknya di Shop and Drive, motoquick dan lainnya yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Baca Juga: Darurat Covid-19, Shop&Drive Tetap Buka Dengan Mengurangi Jumlah Toko

Lalu, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), toko-toko tersebut tutup karena dilarang oleh pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat agar virus Corona tidak menyebar. Namun grup Astra ini memiliki trik, agar tetap bisa jualan di masa ini.

Rio Sanggau, Chief Executive Marketing Astra Otoparts mengatakan, perusahaannya melihat digital menjadi satu poin paling jitu dalam menghadapi Pandemik saat ini.

"Karena saat PSBB semua orang tidak boleh mengunjungi toko dan tidak buka, kita sudah ada digital," terangnya, saat ngobrol virtual dengan media, Rabu (02/09).

Rio menambahkan, Puluhan ribu toko Astra Otoparts yang sudah tersebar di Jawa dan Bali sudah dilengkapi dengan gadget dan bisa berhubungan dengan pusat. Tanpa salesman, kami bisa menjual barang, konsumen bisa order dan melakukan pembayaran secara online," terangnya.

Dia pun menambahkan, hampir 97% konsumen di Jawa dan Bali terhubung dengan gadget, pembayaran melalui gadget atau online pun meningkat.

"Pelanggan yang melakukan pembaaran secara online meningkat sampai 50%," tambah Rio.

Cara ini akan terus mereka lakukan, dan konsumen akan terus diberikan informasi jika membeli suku cadang untuk mobil dan motor bisa melalui astraotoshop.com. Lalu apa yang paling banyak dibeli konsumen saat pandemik? menurut Rio, pelumas, aki, sokbreker dan kampas rem masih menjadi yang terbanyak.

Saat bengkel tutup selama pandemik Covid-19, Astra Otoparts memiliki layanan perawatan kendaraan di rumah. Lewat Shop and Drive di berbagai daerah, konsumen yang melakukan perawatan dan mengganti suku cadang cukup meningkat.

Baca Juga: Astra Otoparts Siapkan Sekolah Bagi Siswa Siap Kerja

"Banyak yang di rumah, kendaraan tidak dipakai, begitu mau pergi tidak bisa dinyalakan. Mereka ganti aki," papar Rio lagi.

Mereka juga kerap menggunakan strategi lain, yaitu menghubungi konsumen dari data base, untuk mengingatkan jika Shop and Drive bisa dipanggil ke rumah dengan cara digital.

"Kami ingatkan mereka bisa servis di rumah, daftar dengan cara digital," tutup Rio.