Ini Tips Berkendara Aman Di Musim Hujan Ala Adira

Ini Tips Berkendara Aman di Musim Hujan ala Adira Foto: Kipli

KabarOto.com - Seperti pepatah yang mengatakan “sedia payung sebelum hujan”, pengendara juga perlu mempersiapkan payung ketika menghadapi musim penghujan seperti saat ini. Payung yang dimaksud adalah persiapan agar tetap bisa bekerja ataupun beraktivitas di tengah musim penghujan.

Terkait dengan itu Business Development Division Head PT. Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Tanny Megah Lestari memiliki sejumlah tips menarik yang bisa diaplikasikan.

Tanny menekankan, ada tiga "payung" yang perlu disiapkan sebelum berkendara di musim penghujan. Pertama, pengendara harus memperhatikan kondisi kendaraan, mulai dari ban, lampu dan wiper. Selanjutnya, pengendara juga harus memperhatikan kondisi tubuh.

"Pengendara harus berada dalam keadaan yang fit karena berkendara dalam kondisi hujan membutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian yang lebih tinggi dibanding kondisi normal," ujar Tanny.

Baca Juga: Viral Toyota Fortuner Terbalik Saat Hujan, Ini Yang Harus Dilakukan!

Ditambahkan, apabila kendaraan terjebak di tengah banjir, pengendara jangan mencoba untuk menyalakan mesin mobil karena dapat mengakibatkan kondisi water hammer (kondisi dimana air masuk ke dalam ruang bakar dan tidak bisa terkompresi sehingga bisa menyebabkan komponen mesin rusak parah).

"Apabila berada di genangan air sebisa mungkin tinggalkan kendaraan lalu kunci kendaraan. Tunggu hingga air surut dan menelpon pihak asuransi atau derek untuk mengangkut mobil, untuk diperbaiki," ucapnya.

Selain itu, pengendara sebisa mungkin jangan menerobos banjir. Pasalnya, apabila sengaja menerobos banjir kendaraan terancam mengalami kerusakan. Biasanya, kasus tersebut tidak masuk dalam jaminan polis asuransi.

Kemudian, hal yang tak kalah penting yang harus dipersiapkan oleh pengendara adalah perlindungan asuransi. Pasalnya, meski sudah mengecek kondisi kendaraan dan menjaga kondisi tubuh, namun risiko bisa datang kapan saja. Apalagi di tengah musim penghujan seperti saat ini, sehingga pengendara harus memiliki perlindungan asuransi.

Menurutnya, dengan perlindungan asuransi, akan banyak manfaat perlindungan yang akan diterima seperti perlindungan menyeluruh mulai dari kecelakaan di jalan raya, huru- hara, kerusuhan, hingga perlindungan untuk pengemudi dan penumpang kendaraan tersebut. Pengendara yang ingin mendapatkan perlindungan dari bencana alam juga bisa memperluas asuransinya dengan manfaat dari risiko kondisi tersebut.