POPULAR STORIES

Ini Tips Berkendara Sepeda Motor Di Malam Hari

Ini Tips Berkendara Sepeda Motor di Malam Hari Cara berkendara motor saat malam hari (Kipli/ DAM)

KabarOto.com - Berkendara sepeda motor di malam hari menjadi salah satu pilihan alternatif karena situasi atau kondisi jalanan yang relatif lebih lengang dan terhindar dari macet, serta menghindari kondisi cuaca panas terik sinar matahari di siang hari.

Bagi beberapa pengendara melakukan perjalanan di malam hari, sudah menjadi rutinitas ketika waktu berangkat dan pulang dari aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Safety Riding Development Section Head, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Berkendara malam atau siang hari bagi pengendara wajib untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan juga menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap, seperti menggunakan helm, jaket, sepatu dan sarung tangan.”

Ia bilang, pengendara yang melakukan perjalanan di malam hari harus ekstra hati-hati apalagi jika kondisi cuaca saat berkendara berada dalam kondisi hujan.

Berikut adalah beberapa tips ketika berkendara di malam hari menggunakan sepeda motor :

1. Selalu Cek Kondisi Motor

Pastikan jika sepeda motor yang dikendarai selalu dalam kondisi prima, beberapa yang harus diperhatikan diantaranya melakukan pengecekan lampu kendaraan, karena berkendara di malam hari sangat minim penerangan jadi lampu utama motor sangat diandalkan untuk bisa berkendara aman dan bisa lebih fokus pada kondisi jalan.

Baca Juga: Kecil Namun Penting, Begini Cara Rawat Electric Starter Sepeda Motor

Kemudian pastikan bahan bakar terisi penuh, jangan sampai di tengah perjalanan kendaraan kehabisan bensin, dan pastikan kondisi mesin berada dalam kondisi yang prima.

2. Atur Rute dan Jalur Paling Aman

Tidak hanya untuk menghindari kecelakaan, kendala yang dihadapi oleh pengendara ketika berkendara di malam hari adalah tindakan kriminal. Untuk itu selalu pilih rute dan jalur paling aman seperti melewati jalan yang ramai untuk dilalui kendaraan dan hindari tempat sepi dan minim penerangan dan jauh dari pemukiman.

3. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Selain helm, perangkat keselamatan berkendara yang paling penting digunakan adalah jaket dengan material yang bisa menahan terpaan angin dan cuaca dingin. Jangan lupa untuk mempersiapkan jas hujan untuk menghadapi kondisi hujan yang tiba-tiba muncul di malam hari.

Baca Juga: Terjebak Di Kubangan Lumpur? Begini Cara Libas Trek Tanah Pakai Mobil 4x4 Dengan Ban Standar

Karena berbeda dengan siang hari, hujan di malam hari sangat sulit diprediksi. Selain itu pengendara juga wajib menggunakan helm dan sarung tangan.

4. Berkendara Bersama Rekan Seperjalanan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sangat disarankan ketika berkendara di malam hari tidak sendirian. Jika mendesak, ketika diperjalanan, ajak pengendara lain untuk berkendara beriringan atau bersama-sama ke satu titik lokasi yang ditentukan bersama.

5. Jaga Kondisi Tubuh

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika berkendara di malam hari adalah pastikan kondisi badan tetap prima, sehat secara jasmani dan rohani. Karena walaupun kondisi motor prima, dan cuaca mendukung tapi pengendara dalam kondisi tidak fit akan dipastikan perjalanan akan menjadi kendala dan berpotensi kecelakaan.

Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan di malam hari pastikan istirahat yang cukup dan pastikan tubuh dan kondisi bugar dan sehat supaya selamat sampai di tempat tujuan.