POPULAR STORIES

Ini Tips Dari Suzuki Untuk Cuci Mobil Kesayangan Di Rumah

Ini Tips dari Suzuki untuk Cuci Mobil Kesayangan di Rumah Dok : Suzuki

KabarOto.com - Mencuci mobil memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membuat tampilan eksterior mobil terlihat bersih. Jika Sobat kabarOto punya waktu kosong, bisa nig mencuci mobil secara mandiri di rumah.

Namun perlu diingat, agar aman dan tepat ada beberapa tips nih yang disarankan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) kepada pemilik mobil agar hasilnya memuaskan.

1. Cuci bagian terkotor terlebih dahulu seperti ban dan pelek

Mulai dari area bawah mobil yang berjarak terdekat dari jalan, seperti ban dan pelek biasanya menjadi bagian terkotor. Pada bagian ini, pemilik mobil dapat menggunakan tire cleaner, atau cairan khusus yang memang diperuntukan membersihkan noda bandel di area pelek dan kolong.

Baca juga: Ban Pacul Kurang Tepat Digunakan Di Aspal, Berikut Penjelasannya

Kemudian untuk memudahkan dan memastikan kotoran dapat terangkat, pemilik mobil dapat menggunakan sikat khusus. Apabila pemilik mobil menggunakan shampoo mobil, pastikan air dan busa yang telah dipakai untuk ban dan pelek wajib diganti sebelum lanjut ke bagian bodi dan kaca.

2. Basahi seluruh mobil dengan air bersih yang mengalir

Setelah bagian ban dan pelek sudah bersih, langkah selanjutnya menyemprot air bersih ke bodi mobil untuk menghilangkan kotoran-kotoran terlebih dahulu sebelum diberi shampoo. Cara menyemprotkan air yang baik dengan posisi menyamping, dan hindari semprotan langsung ke area lubang terbuka seperti grill, atau lubang di bumper, terutama saat menggunakan air bertekanan tinggi. Teknik tersebut bertujuan agar proses mencuci lebih aman untuk permukaan bodi atau komponen di balik lubang mobil tersebut.

3. Mulai mencuci dari atap mobil

Baru mulai mencuci mobil menggunakan shampoo dan alat pembersih seperti spons, atau kain microfiber yang berbeda dari bekas mencuci ban dan pelek. Setelah itu, mulailah dari bagian yang paling atas atau paling bersih. Pastikan mencuci mobil dengan melakukan gerakan dari atas ke bawah, bukan dengan gerakan memutar.

Pencucian selanjutnya, dari atap turun ke bagian bawah yaitu kaca mobil depan, samping, dan belakang, spion, jendela, dan kaca mobil. membersihkan atap mobil, bagian selanjutnya yang perlu dicuci adalah kaca seperti spion dan jendela.

Baca juga: Penyebab Mobil Transmisi Matik Cepat Rusak

Pastikan juga untuk mencuci lampu mobil yang berada di bagian depan maupun belakang mobil. Hindari penggunaan peralatan mencuci berbahan kasar agar tidak menimbulkan goresan pada body mobil. Lalu bisa juga menggunakan kuas untuk membersihkan bagian sempit atau memiliki banyak lekukan.

4. Bilas mobil dan keringkan dengan kain microfiber yang lembut

Busa dari shampoo yang masih menempel di mobil perlu dibilas secara keseluruhan dengan air bersih hingga tidak tersisa. Untuk menuntaskan cuci mobil di bagian eksterior, pemilik kendaraan dapat mengeringkan mobil dengan kain microfiber lembut karena kain ini memiliki daya serap baik dan tidak meninggalkan goresan. Lakukan pengeringan secara sempurna terutama pada bagian rentan muncul jamur kaca seperti kaca depan, kaca jendela dan lampu.

“Mencuci mobil sendiri di rumah memiliki manfaat lain seperti perlindungan mobil dari debu yang dapat menimbulkan baret, menjaga pandangan tetap jelas saat berkendara, bahkan untuk menjaga nilai kendaraan. Pilih shampoo khusus mencuci mobil untuk memiliki kadar pH mendekati 7, dan memiliki kandungan silikon minimal 60%. Selain itu peralatan dan perlengkapan harus tepat dan berkualitas baik,” ujar Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS.