Unek-unek Rifat Sungkar Tentang Modifikasi Di Indonesia

Unek-unek Rifat Sungkar Tentang Modifikasi di Indonesia

KabarOto.com - Pembalap reli dan speed off-road, Rifat Sungkar, berikan apresiasi terhadap Ketua MPR RI Bambang Soesatyo terhadap industri otomotif di bidang kustom dan modifikasi di Indonesia.

Selain membawa nama Indonesia harum di mancanegara, hal tersebut dinilai menggerakkan perekonomian nasional. Ia memberi contoh builder dan modifikator Indonesia yang menjadi karya terbaik di beberapa event seperti di Italia, Jerman, Jepang juga Amerika Serikat.

"Bangsa Indonesia sudah lama dikenal memiliki kreativitas tinggi dalam hal seni dan kerajinan tangan, bukti yang paling nyata adalah candi Borobudur," ucap Rifat.

Baca Juga: Demi Kesempurnaan, Xpander Rally Team Dan Rifat Sungkar Gandeng Ralliart Selandia Baru

Menurutnya, mahakarya Indonesia juga sudah diakui global. Selain itu bisa menyediakan lapangan kerja dan memberi sumber pendapatan pajak baru bagi negara.

"Mungkin karena skala ekonominya dianggap belum terlalu besar maka belum mendapat perhatian yang khusus dari pemerintah. Padahal industri kustom ini sudah berkembang di semua provinsi di Indonesia," tambah Rifat lagi.

Ia juga tegas bilang soal regulasi pemerintah soal motor dan mobil klasik yang ada di Indonesia ke luar negeri dan sebaliknya melarang ekspor mobil klasik kecuali replika atau kit car.

Baca juga: Kerennya Sedan Volvo S90 Di Film Drama Korea

"Aturan tersebut sebaiknya diubah menjadi kebalikannya. Boleh mendatangkan motor-mobil klasik dan melarang ekspor. Kalau tidak dilarang, kita bakal kehilangan heritage produk otomotif yang ada di Indonesia," papar Rifat.

Menjabat sebagai Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia, dirinya mengatakan bahwa PP IMI agar jadi jembatan komunikasi bagi semua stake holder dalam memajukan industri kustom dan modifikasi.

"Tidak hanya memberi manfaat bagi pelakunya, namun juga dapat menyerap tenaga kerja sekaligus memberi nilai tambah bagi negara," tutup Rifat Sungkar.