Ini Yang Dilakukan Komunitas YRFI Saat Berpuasa

Ini yang Dilakukan Komunitas YRFI Saat Berpuasa

KabarOto.com - Bulan Ramadhan ini menjadi momen baik yang dimanfaatkan komunitas buat bersua dan berbagi cerita langsung bertatap muka saat ngabuburit atau buka puasa bersama. Seperti yang dilakukan oleh YRFI Jawa Tengah yang menggelar buka bersama di Semarang.

”Selain kegiatan seperti ini, biasanya kami adakan acara online seperti podcast tematik di sosial media untuk saling berbagi cerita dan pengalaman mengenai berbagai hal,” ungkap Herwin Sinaga selaku Wakil Ketua YRFI Jawa Tengah.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, YRFI Cianjur Bagi-bagi Masker Hand Sanitizer

Ia pun berbagi tips dan menerapkan hal-hal berikut :

Pastikan kondisi tubuh sehat atau tidak sedang sakit. Namun bukan hanya fisik, psikis pun harus tetap dijaga. Berpikir positif dan menjaga suasana hati selalu bahagia membantu kondisi psikologis yang sehat.

Saat bertemu, jumlah pesertanya dibatasi dan tidak berlama-lama. Dapat merangkul anggota yang lain yang tidak datang, lakukan secara online di waktu bersamaan dengan waktu yang dibatasi juga.

Tentukan tempatnya dan lakukan reservasi terlebih dahulu. Disarankan memilih tempat yang cukup lapang agar lebih leluasa menjaga jarak dan tempat yang menerapkan protokol kesehatan sehingga aman bagi semuanya.

Baca Juga: Dijual Rp37 Jutaan, Yamaha MT-15 Punya 2 Warna Baru

Jika melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk empati kepada sesama yang membutuhkan di bulan puasa ini, jumlah anggota yang dilibatkan dibatasi. Terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, bawa hand sanitizer atau sabun untuk cuci tangan, jaga jarak.

Bagi yang berkendara sepeda motor, disarankan ketika sahur, konsumsi makanan yang mengandung air, hal ini akan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berkendara di bawah terik matahari.

Tentukan waktu dan rute saat akan berkendara motor, hal ini untuk menghindari kelelahan karena cuaca panas dan macet di siang hari. Perbanyaklah mengucap kalimat istighfar untuk mengendalikan emosi saat berkendara di jalan. Gunakan kelengkapan safety gear, mulai dari helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman.