POPULAR STORIES

Ini Yang Membuat New Honda CRF 250L Lebih Bertenaga

Ini yang membuat New Honda CRF 250L Lebih Bertenaga New Honda CRF 250L dibekali beberapa kebaruan (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - New Honda CRF 250L hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Motor ini dibawa untuk memenuhi kebutuhan pencinta motor trail dengan mesin lebih besar. Lalu, teknologi apa saja yang disematkan pada motor ini sehingga diklaim lebih bertenaga?

Mesin motor menggunakan sistem injeksi, didukung oleh berbagai komponen dan sensor, supaya bekerja dengan sempurna. Di sistem pengapiannya, memiliki sensor, yang mendeteksi berbagai komponen bergerak, supaya ruang bakar mendapat waktu pengapian yang sesuai.

Baca Juga: Crosser, Yuk Intip Teknologi Honda CRF250L Yang Baru Meluncur Di IIMS 2023

Bahan bakar dari injektor, diatur waktu dan jumlah semprotannya. Fungsinya, untuk menyesuaikan kebutuhan mesin. Sehingga membuat ECU dapat mengatur pengapian dan injektor, karena terdapat sensor CKP atau crackshaft sensor.

CKP ini akan membaca reluctor, yang memililki jarak tertentu. Honda CRF 250L baru ini memiliki perbedaan perangkat CKP dan reluctor dari Honda CRF 250 Rally,

"Relulctor-nya lebih banyak derajat yang lebih kecil, sehingga rentang tenaganya lebih luas," jelas Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) kepada media, belum lama ini.

Baca Juga: Komunitas Honda CRF Bandung Dan CB150X Depok Raya Geruduk Booth AHM Di IIMS 2023

Pada model sebelumnya, sensor CKP menjadi satu dengan ACG Stator. Tipe terbaru terpisah dari ACG Stator. Tipe sebelumnya terdiri dari 8 buah reluctor dengan jarak 30 derajat, sementara CRF 250L baru memiliki 16 reluctor, jaraknya 20 derajat.

Hasilnya, kecepatan pembacaan crankshaft jadi lebih akurat, pembakaran dan semprotan injektor lebih merata di berbagai putaran mesin.