Inovasi Baru, Ban Tetap Melaju Dalam Keadaan Bocor

Inovasi Baru, Ban Tetap Melaju Dalam Keadaan Bocor Inovasi dan teknologi ban terbaru, tetap melaju walau keadaan ban bocor (Foto: Istimewa)

Kabaroto.com - Inovasi dan teknologi ban terbaru, tetap melaju walau keadaan ban bocor. Inovasi atau teknologi ini dinamakan run flat tire oleh beberapa pabrikan, Michelin sendiri menamakan inovasi baru ban tetap melaju dalam keadaan bocor ini dengan nama Zero Pressure (ZP).

Zero Pressure (ZP) ialah, ketika ban bocor dan kehilangan tekanan angin, ban itu masih bisa melaju pada kecepatan tertentu dan dalam jarak tertentu. Dalam hal ini ban yang dimaksud mampu bertahan dengan kecepatan maksimal 80 km/jam dalam jarak 80 km. Dimana ban ini memiliki kekuatan pada bagian dindingnya, yang mampu menahan tekanan meski dalam keadaan bocor.

Meski memiliki tambahan penguatan struktur pada bagian dinding ban yang lebih tebal dan lebih kuat strukturnya. Namun juga memiliki kelemahan pada saat sudah kehilangan angin, yang akan menanggung beban pada kecepatan itu total berada di ketebalan dinding tersebut. Pada saat kecepatan tinggi, dikhawatirkan tidak mampu menanggung beban.

Bila posisi bocor atau rusaknya terdapat di bagian tapaknya ban tersebut dapat diperbaiki. Namun jika rusaknya di bagian dinding ban tersebut sebaiknya jangan diperbaiki, langsung diganti saja.