POPULAR STORIES

Instruktur Keselamatan Berkendara Bagikan Tips Mudik Lebaran

Instruktur Keselamatan Berkendara Bagikan Tips Mudik Lebaran Kipli, Kabaroto, OLX

KabarOto.com - Tahun ini, masyarakat Indonesia akhirnya bisa kembali melakukan aktivitas mudik, setelah dua kali Lebaran sebelumnya tertahan oleh pandemi Covid-19. Mudik merupakan sebuah kegiatan tahunan atau tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk berkumpul kembali bersama dengan keluarga besar di kampung halamannya.

Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) pada acara Cars & Coffee yang digelar OLX Autos (24/04) membagikan tips dan trik mudik yang aman dan nyaman sebagai berikut:

  1. Periksa kendaraan Anda di 4 titik ini

Pastikan Anda sudah memeriksa 4 titik utama pada kendaraan Anda secara detail. Pertama adalah bagian lampu. Pastikan kondisi lampu Anda menyala dan tidak dimodifikasi, karena ini mempengaruhi penerangan pada jalan.

"Lampu juga memiliki fungsi sebagai alat berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Oleh karena itu memastikan kondisi lampu masih dalam kondisi yang baik merupakan hal yang penting," ujar Sonny, sapaan akrabnya.

Kedua, pastikan ban mobil masih aman digunakan. Ketebalan minimal pada ban adalah 6mm, segera ganti ban Sobat KabarOto jika ketebalan sudah dibawah 6mm.

Baca juga: Dinilai Efektif Bantu Pemudik, Ini Jenis Layanan BMW Roadside Assistance

"Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi ban masih prima dan tidak akan terjadi slip pada saat melakukan perjalanan jauh. Selain itu, pastikan tekanan angin ban sudah sesuai dengan tire placard kendaraan masing-masing," tandasnya.

Ketiga adalah mesin. Cek kondisi oli mesin, gantilah oli mesin jika merasa oli mesin sudah perlu diganti. Lalu pastikan kelistrikan mobil secara keseluruhan masih berfungsi dengan baik, serta mengecek air radiator dan air wiper. Terakhir, merupakan di dalam kabin untuk memastikan kondisi sabuk pengaman semua aman.

  1. Perhatikan barang-barang yang dimuat pada kendaraan

Bawalah hanya barang-barang yang dibutuhkan dan tergolong penting. Pastikan barang yang ada di dalam kendaraan itu masih di batas normal.

Jika perlu membawa lebih banyak, bisa diikat di bagian atas mobil. "Pastikan barang yang ditempatkan di atap mobil tidak melebihi ketinggian lebih dari 40 cm dan memiliki berat maksimal sebesar 50 kg. Untuk memaksimalkan keseimbangan kendaraan, posisikan barang di bagian atap mobil untuk ditempatkan secara rata diantara roda depan dan belakang," wantinya.

Baca juga: Program Hyundai Santa FE Before Service Wajib Bagi Pemudik Lebaran

  1. Beristirahatlah setiap 3 jam sekali

Gunakan rest area untuk pengemudi dapat merenggangkan kaki, tangan, dan kembalikan fokus setelah lama mengemudi.

  1. Terapkan 5 langkah defensive driving

Pengemudi perlu menjaga kecepatan, menjaga jarak antar kendaraan, kontak mata dengan beberapa bagian mobil seperti spion kanan, kiri dan tengah untuk memeriksa keadaan di luar kendaraan, memperhatikan dan berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya serta selalu perhatikan kondisi jalan sehingga dapat membaca lalu lintas dan memilih jalur yang paling aman.