Intercooler Retak, T2 Motorsports Indonesia Gagal Ikut Sesi Latihan

Intercooler Retak, T2 Motorsports Indonesia Gagal Ikut Sesi Latihan Foto: T2 Motorsports/ Ferrari

KabarOto.com - Sehari menjelang race pertama di Korea International Circuit, duo pembalap Indonesia, Rio Haryanto dan David Tjipto tidak dapat mengikuti sesi latihan yang diselenggarakan oleh SRO Motorsports Group.

Akhir pekan ini, Rio Haryanto dan David Tjipto yang tergabung dalam tim T2 Motorsports akan mengikuti ajang Blancpain GT World Challenge Asia yang diselenggarakan di Korea International Circuit. Ajang balap kelas Asia yang telah berjalan lebih dari separuhnya ini dimulai dengan sesi free practice pada hari Jumat, 2 Agustus 2019.

Cuaca yang cukup panas hingga menembus angka 35°C menemani aktivitas latihan pada hari ini. Berbagai mobil balap seperti Mercedes, Ferrari, Audi, Porsche, Lamborghini, BMW dan McLaren memenuhi trek sepanjang 5,615km.

Sangat disayangkan mobil berlogo kuda jingkrak yang dikendarai oleh Rio Haryanto dan David Tjipto tidak terlihat pada dua sesi latihan tersebut. Irmawan Poedjoadi, Team Principal T2 Motorsports menjelaskan faktor mangkirnya T2 Motorsports pada sesi latihan disebabkan oleh permasalahan teknis.

Baca Juga: Pasca Kecelakaan, T2 Motorsports Indonesia Kembali Siap Adu Kebut Akhir Pekan Ini

“Kami sedang mengalami kendala teknis dan masih mencari akar permasalahan serta penyelesaiannya. Dugaan tim engineer kami adalah intercoolernya retak. Bagian parts itu cukup jarang bermasalah, sehingga kami tidak memiliki cadangannya. Kami juga sudah mencari parts tersebut di sekitar sini namun akhirnya kami harus membelinya dari Negara lain dan menunggu pengantarannya,” ujar Poedjo.

Para pembalap T2 Motorsports belum pernah memiliki pengalaman di Korea International Circuit sama sekali, kehilangan kesempatan latihan kali ini menjadi kerugian berat bagi keduanya. “Menurut kami, track time sangat penting untuk mengenal trek serta karakteristiknya. Kami kehilangan semua kesempatan untuk mempelajari trek. Tentu saja kami kecewa, namun kami akan tetap berusaha mempelajari trek dengan cara-cara lain, seperti belajar dari video-video” ujar Rio Haryanto.



Sampai pada saat ini, T2 Motorsports masih berkutat dengan permasalahan teknis yang ada, hal ini disampaikan oleh Irmawan Poedjoadi selaku Team Principal T2 Motorsports, “kami sedang bergulat dengan waktu. Kami sedang menunggu pengiriman spareparts dan diharapkan pada hari sabtu siang sebelum race pertama sudah siap tersedia di pit garage kami”.

Kompetitor yang menabrak mobil T2 mendapat 5 grid penalty untuk race selanjutnya yang akan berlangsung akhir pekan ini. Ajang Blancpain GT World Challenge Asia dapat disaksikan secara live melalui official YouTube channel GTWorld ataupun melalui siaran TV Fox Sports.

Jadwal Blancpain GT World Challenge Asia ronde-5:

  • Sabtu, 3 Agustus 2019 – 13:40 WIB
  • Minggu, 4 Agustus 2019 – 10:20 WIB