Intip Modifikasi Honda Civic Type R Anak Bogor Yang Diboyong Dari Jepang

Intip Modifikasi Honda Civic Type R Anak Bogor yang Diboyong dari Jepang Foto: Kipli

KabarOto.com - Modifikasi ala Japanese Domestic Market (JDM) saja dirasa tidak cukup memuaskan hasrat Christiansen Satriadi, pecinta merek Honda ini lantas mengimpor Civic FD2R dari negeri Sakura.

Ia pun sengaja pergi ke negara asal kiblat modifikasinya untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya. “Saya cari referensi saat pergi ke Tokyo Auto Salon dan langsung tertarik modifikasi bikinan tuner Spoon, Feel’s, dan Seeker,” ucap wirausahawan pakaian anak ini.

Pria yang juga mengaku mendapat referensi modif dari media sosial ini rupanya memiliki alasan tersendiri terhadap ketertarikannya pada ketiga tuner asal Jepang tersebut.

“Seperti Feel’s dan Seeker, mereka selalu aplikasi pelek depan yang lebih lebar dibandingkan belakang karena fungsinya memang membantu traksi, mengingat mobil ini penggerak roda depan,” ujar pria berkacamata ini.

Baca Juga: Honda Gandeng Komunitas Civic Type R Mencoba Trek Balap BSD Grand Prix 2019

Pria yang akrab dengan sapaan Jansen ini membuktikan sendiri bahwa metode tersebut ampuh untuk mengakomodir hobinya yang doyan track day di sirkuit, hasilnya beberapa sektor seperti kaki-kaki dan mesin pun jadi prioritas utama dalam modifikasi. Sebut saja suspensi coilover merek Tein SS yang sangat berperan penting membuat laju Civic Type-R keluaran 2008 ini semakin stabil di tikungan.

Uniknya, ia pun menempuh jalur custom pada fender dari Feel’s tersebut agar pelek Volk Racing CE28N dengan lebar 10,5 inci dapat terpasang rapih di bagian depan. Sedangkan bagian belakang, cukup pakai camber kit dari J’s Racing agar pelek dengan lebar 9 inci terlihat simetris dengan bodinya.

Bagian mesin tidak perlu ubahan ekstrim karena tenaga dirasa sangat cukup hanya dengan aplikasi ECU Hondata Flashpro dan sistem gas buang yang merupakan kombinasi dari Amuse R1 Titan dan Toda Racing.

“FD2R ini cita-cita dari jaman SMA, terus ternyata istri juga suka, jadi jodoh deh,” kekeh pemukim kawasan Bogor, Jawa Barat ini.

Eksterior:
Fender depan Feel’s
Lip depan Mugen
Kap mesin Mugen carbon fiber
Diffuser belakang J’s Racing
Splitter custom
Side skirt custom

Kaki-Kaki:
Suspensi Coilover Tein SS
Pelek Volk Racing CE28N 18 inci lebar 10,5 (Depan) + 9 (Belakang)
Ban Toyo R888 265/35/18 (Depan) + 245/40/18 (Belakang)
Baut roda Rays
Camber kit adjustable belakang J’s Racing
Kampas rem Dixcel

Interior:
Indikator Defi Din
Persneling Mugen
Setir Nardi Deepcorn
Boss kit Spoon

Mesin:
Intake Gruppe M
Header Toda Racing
Knalpot Amuse R1 Titan
ECU Hondata Flashpro
Engine damper Seeker