Intip Modifikasi Toyota Fortuner Andalan Toyota Team Indonesia Di Ajang AXCR

Intip Modifikasi Toyota Fortuner Andalan Toyota Team Indonesia di Ajang AXCR

KabarOto.com - Salah satu mobil andalan Toyota Team Indonesia (TTI) di ajang balap adalah Toyota Fortuner 4x4 lansiran 2018 ini. Mobil ini dibangun untuk kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR).

Spesifikasinya pun disesuaikan untuk ajang balap tersebut dan Fitra Dimitri selaku Operational Manager TTI pun mengamini hal tersebut, "Tak terlalu banyak tantangan untuk modifikasi mobil ini, karena telah dibangun oleh ahli di bidangnya," ujarnya saat diwawancarai KabarOto.

Ia pun menambahkan bahwa mobil milik TRD Indonesia ini dibangun dengan proses yang panjang, "Tentunya kami terus melakukan berbagai riset dan melakukan pengembangan sesuai kebutuhan," imbuh Fitra.

Berbicara dapur pacu, mobil ini menggunakan mesin 1GD-FTV yang dilengkapi oleh ECU mesin dari Motec, sedangkan transmisi atau girboksnya menggunakan ECU otomatis dari YRS. "Kami masih belum melakukan dyno test karena beberapa indikator mati, pas datang kesini tiba-tiba mati," tandas Theodorus Surya Jaya selaku Tuner saat dimintai keterangan oleh KabarOto.

Baca Juga: Strategi Toyota Team Indonesia Cetak Hat-Trick Kejurnas

Ajang AXCR tentunya menyiksa kaki-kaki, oleh karena itu, TTI merombak sektor tersebut dengan maksimal. Seperti aplikasi suspensi dari King dan arm kit dari Total Chaos agar mobil tetap stabil dan sanggup melibas trek.

Menghentikan laju mobil bongsor itu, TTI mempercayakan pengereman dari kaliper Wilwood. Sedangkan urusan ban, pihaknya mempercayakan produk dari Yokohama Geolandar. Masuk ke sektor kabin, TTI membekali pembalap dan navigatornya dengan jok Sparco, setirnya pun menggunakan TRD dan dash log dari Motec untuk membaca kinerja mesin.

Beberapa waktu lalu, TTI pun melakukan pengetesan dengan kebutuhan riset di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Salah satu pembalap reli, off-road dan speed off-road Tanah Air Julian Johan berkesempatan menjadi pilot untuk uji coba tersebut.

Baca Juga: Ini Komentar Demas Agil Soal Toyota Yaris Di Ajang Balap

"Boost lag sudah jauh berkurang, minim sekali. Handling juga oke, namun ini kita tes di sirkuit aspal kan, belum kita coba di medan offroad. Jadi masih belum bisa memastikan apakah settingan kaki-kaki sudah layak atau belum," ujar Jeje, sapaan akrabnya saat diwawancarai KabarOto.

Semoga bisa bawa nama harum Indonesia di kancah internasional ya!

Spesifikasi

Mesin:

1GD-FTV, 4 silinder diesel common rail dengan variabel nozzle turbocharger (VNT), 2.755 cc
ECU mesin Motec M141
ECU transmisi YRS

Kaki-kaki:

Suspensi KING Suspension
Arm kit Total Chaos
Pelek TRD
Kaliper belakang Wilwood
Ban Yokohama Geolandar

Interior:

Dash log Motec
Jok bucket Sparco
Setir TRD
Roll cage custom

Eksterior:

Snorkel Safari
Body kit custom