POPULAR STORIES

Intip Racikan Modifikasi Mobil Balap Jagoan Mercedes-Benz W211 Club Indonesia

Intip Racikan Modifikasi Mobil Balap Jagoan Mercedes-Benz W211 Club Indonesia Kipli

KabarOto.com - Dunia balap touring memang punya daya tarik bagi penggilanya di Indonesia. Apalagi, tak banyak yang mewadahi balap tersebut kecuali di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

Hal itu juga yang digeluti oleh Maheksa Akni, salah satu pembalap yang menggeber mobil ini di ajang balap tersebut. Ia membangun mobil ini khusus untuk turun di gelaran ISSOM, Jawa Barat.

Sesuai regulasi, Ia tetap menggunakan mesin bawaannya yakni M112 V6 dengan kapasitas 2.600 cc. "Kami melakukan porting polish, slip cylinder head dan mengoprek piston set. Hasilnya dapat 195 dk," ujarnya.

Baca juga: Mercedes-Benz S211 E200K 2004 Milik Pengusaha Radio Ini Pakai Konsep Single Tuner

melancarkan sistem gas buang, dirinya mengaplikasikan tipe 3-1 yang diambil dari konfigurasi Mercedes-AMG. Sedangkan bagian header-nya mengadopsi pelat galvanis 1,5 inci, yang diteruskan ke pipa belakang dengan diameter 2 inci.

Menyempurnakan settingan tersebut, ECU mobil pun mengalami remap dan setup ulang, "girboks pun masih standar bawaan mesin M112, sama seperti panel-panel bodi lain yakni pintu, kap mesin dan bagasi. Berat total mobil ini 1.385 kg," bebernya.

Baca juga: Mercedes-Benz W211 Club Indonesia (MB W211 CI) Tuntaskan Touring Ke Kilometer Nol

Meski mobil balap, kaki-kakinya dipercantik dengan merek Volk Racing TE37 diameter 17 inci dengan spesifikasi 114,3, lebar 8,5 inci untuk bagian depan dan 9,5 inci untuk belakang. Offset pelek depannya 25 dan belakang 30, yang dibalut ban berukuran 245/40/17.

Tak banyak yang dilakukan pada setting kaki-kaki, Heksa, sapaan akrabnya bilang kalau dirinya hanya membuat per custom yang dibuat lebih keras dari standarnya.

"Mesin mobil ini masih tenggak oktan RON 98 dan 100. Rencananya memang kami masih adaptasi dengan settingan ini, namun kedepannya jika memungkinkan ada perubahan, akan kami sesuaikan lagi," tutupnya. Mantap!