POPULAR STORIES

Intip Sejarah Singkat Ford Everest

Intip Sejarah Singkat Ford Everest Ford Everest Titanium 2023 (Foto: Ford)

KabarOto.com - Ford Everest hadir pertama kali pada tahun 2003 menggunakan mesin bensin, Mengusung bentuk bodi kotak, SUV menampilkan aura ketangguhan.

Lalu dihadirkan versi mesin diesel berteknologi TDCI di tahun 2007, dan tampil lebih modern pada tahun 2009. Pada tahun 2015, generasi baru Ford Everest, menawarkan tampilan baru, lebih modern didukung fitur-fitur kekinian.

Sebagai informasi, Ford Everest merupakan SUV 7 penumpang dan menggunakan basis yang sama dengan Ford Ranger. SUV ini identik sebagai mobil operasional di kawasan kontruksi dan pertambangan.

Ford Everest generasi pertama tahun 2003

Baca Juga: Ford Mustang RTR Spec 2 Upgrade Tampilan Dan Performa

Lampu depannya mengootak berukuran besar, dikombinasi dengan gril trapesium beraksen krom. Bumpernya terlihat mengembung, mengimbangi dimensi mobil.

Area kabin menyuguhkan tampilan elegan. Meskipun terlihat sederhana, Ford Everest sudah menggunakan aksen wood panel pada setir dan beberapa area lain.

Spidometernya analog dengan tambahan panel digital untuk informasi berkendara. Dibekali head unit single din yang mampu memutar radio dan CD.

Ford Everest generasi kedua tahun 2007

Ford Everest generasi pertama ini dibekali mesin Turbodiesel TDi SOHC, 4 silinder berkapasitas 2.500 cc, mampu menghasilkan tenaga 110 dk di 3.500 rpm, dan torsi 268 Nm di 2.000 rpm. Mesin tersebut dipadu dengan transmisi manual 4 percepatan dan otomatis 5 percepatan.

Baca Juga: Produksi Ford Mustang Terbaru Terhenti Sementara, Ini Penyebabnya

Generasi kedua Ford Everest hadir pada tahun 2007 hingga 2015. Ubahan pada eksterior, dapur pacunya pun mendapatkan teknologi baru.

MMenggunakan turbo direct injection dan intercooler (TDCI), diklaim mampu meningkatkan performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Tenaga mesin Ford Everest meningkat menjadi 143 dk di 3.500 rpm, dan torsi 330 Nm di 1.800 rpm.

Generasi kedua mendapatkan penyegaran produk di tahun 2009

Kemudian di tahun 2009, Ford Everest mendapatkan penyegaran, tampilannya lebih modern. Desain lampunya ada aksen lekukan, seperti SUV modern saat itu. Generasi barunya mengusung nama Ford Everest Titanium yang beredar pada tahun 2015 hingga sekarang.

Baca Juga: Ford Mustang Mach-E Sudah Bisa Dipesan Di Australia, Berapa Harganya?

Desain generasi ketiga ini jauh lebih modern, eksklusif namun tidak menghilangkan kesan adventure-nya. Bentuknya tidak lagi mengotak, tapi membulat seperti kebanyakan SUV saat ini.

Desain gril dengan garis tebal horizontal dengan aksen krom, terdapat logo Ford di tengah. Ukuran lampunya lebih kecil dibandingkan genereasi sebelumnya.

Generasi ketiga mengusung nama Ford Everest Titanium

Area kabinnya juga tampil lebih elegan, dasbor dilengkapi head unit layar sentuh untuk pengoperasian musik, GPS dan kamera belakang. Bagian setir juga disematkan steering swtich untuk audio, dan jarak pandang pada sisi spion luar.

Ford Everest Titanium ditawarkan dalam 2 varian, yakni mesin 3.200 cc berpenggerak 4×4 dan 2.200 cc berpenggerak 4×2.

Ford Everest Titanium 3.2 4×4, dibekali mesin diesel DURATORQ, 5 silinder, turbo diesel berkapasitas 3.200 cc bertenaga 200 dk di 3.000 rpm dan torsi 470 Nm di 2.000 rpm.

Sedangkan untuk variran 2.2 4×2, menggunakan mesin DURATORQ, 4 silinder, turbo diesel berkapasitas 2.200, mampu menghasilkan tenaga 158 dk di 3.500 rpm, dan torsi 385 Nm di 1.800 rpm.

Ford Everest generasi ketiga ini sudah mengadopsi 7 Airbag, line keeping alert, line keeping aid, blind sport monitoring, rear cross traffic alert, collision warning, roll stability control dan adaptive cruise control active park assist.

Berita Terkait

Berita Terkait