POPULAR STORIES

Intip Versi Telanjang BMW M4 GT4, Gunakan Material Baru

Intip Versi Telanjang BMW M4 GT4, Gunakan Material Baru BMW M4 GT4 (BMW)

KabarOto.com - BMW M4 GT4 memang telah diperkenalkan. Namun, dibalik liverynya, BMW M Motorsport telah menggunakan bahan komposit baru yang lebih ramah lingkungan. Bahkan, tidak ada di mobil balap GT lain.

Bahan baru dikembangkan oleh mitra BMW M Motorsport, Bcomp. Kabarnya bahan tersebut juga akan digunakan untuk model BMW M dan BMW M Performance Parts.

Bahan Bcomp ampliTex dan powerRibs flax fibre dapat ditemukan di seluruh komponen bodi mobil seperti kap mesin, splitter depan, pintu, bagasi, dan sayap belakang. Selain atap, hampir tidak ada komponen plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP). Begitu juga di interior bisa dilihat di bagian dasbor dan konsol tengahnya.

Baca Juga : Mobil Balap BMW M4 GT4 Dibanderol Rp2,9 Miliaran

Keberlanjutan produk juga semakin penting di dunia motorsport. Jadi kami senang Bcomp bergabung sebagai mitra resmi BMW M Motorsport untuk BMW M4 GT4 baru,” ujar Franciscus van Meel, CEO BMW M GmbH.

Teknologi penguatan powerRibs yang dikembangkan oleh Bcomp terinspirasi dari urat daun, memaksimalkan kekuatan bahan, namun bobotnya diminimalisir.

Baca Juga : Profil New BMW Seri 5 Touring 2022

Bahan ini juga mengklaim penggunaan jumlah bahan dasar yang lebih sedikit, mengurangi berat, biaya dan bahan habis pakai dalam produksi. Lapisan ampliTex menambahkan kekuatan sebagai pengganti karbon konvensional.

Kedua bahan ini memungkinkan mengurangi jumlah plastik yang digunakan di bagian interior hingga 70 persen dan menurunkan emisi CO2 sebanyak 60 persen. Lalu sisa bahan ini juga tanpa serpihan tajam untuk meningkatkan keamanan, dibandingkan karbon komposit biasanya.

Pengurangan bobonya pun hingga 50 persen dibandingkan biasanya. Sekali lagi, hal ini tentunya membantu menurunkan konsumsi energi mobil di mana.