ITS Dan ITB Daftarkan Paten Mobil Listrik SUV Dan City Car

ITS dan ITB Daftarkan Paten Mobil Listrik SUV dan City Car SUV Listrik buatan ITS sudah terdaftar paten desain di kemenkumham (Foto: ITS)

KabarOto.com - Kendaraan listrik menjadi transportasi yang dipercaya dapat menurunkan polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan konvensional. Indonesia menjadi salah satu negara yang perhatian terhadap pengembangan kendaraan listrik.

Perguruan tinggi di Indonesia pun berlomba-lomba menciptakan teknologi kendaraan listrik. Salah satu yang terbaru adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kedua perguruan tinggi negeri tersebut, telah mendapaftarkan paten desain mobil listrik di Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Petinggi Toyota Ungkap Masalah Jika Mobil Listrik Terus Berkembang

City car buatan ITS, diberi nama CIVIA-ITS BEV Compact City Car (Foto: Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham)

ITS mendaftarkan dua desain mobil listrik berbentuk SUV dan city car. Sementara ITB mendaftarkan model SUV. Desain kedua perguruan tinggi tersebut, telah terdaftar di Berita Resmi Desain industri No. 28/DI/2021.

SUV listrik buatan ITS yang diberi nama i-Deora, adalah konsep Electric Compact SUV, diharapkan menjadi kendaraan ramah lingkungan dan dapat digunakan untuk berkendara di perkotaan.

SUV Listrik buatan ITB

"Melalui karya ini, kami ingin membuat suatu gebrakan terhadap dunia riset kendaraan listrik di Indonesia," ujar ketua tim Muhammad Haekal Shafi. Selanjutnya, paten desain city car buatan ITS, diberi nama CIVIA-ITS BEV Compact City Car.

Mobil ini menggunakan tenaga listrik baterai (BEV) dengan dua tempat duduk untuk dewasa dan dua tempat duduk untuk anak-anak. Mobil ini juga ditujukan untuk perjalanan di dalam kota.

Baca Juga: Gelontorkan Rp21,3 Triliun, Xiaomi Serius Produksi Mobil Listrik

Kemudian tipe karya ITB adalah SUV listrik. Kendaraan ini terlihat cukup modern. Di depan terdapat lampu LED yang memanjang, dengan garis desain mobil listrik terlihat kekar.