POPULAR STORIES

Jadi Jalur Vital Ke Wilayah Jawa Barat, Jasa Marga Tingkatkan Layanan Tol Cipularang - Padaleunyi

Jadi Jalur Vital ke Wilayah Jawa Barat, Jasa Marga Tingkatkan Layanan Tol Cipularang - Padaleunyi Jasa Marga klaim tingkatkan layanan Cipularang-Padaleunyi

KabarOto.com - Ruas Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), merupakan salah satu jalur pendukung utama mobilitas dari wilayah Jabodetabek menuju Provinsi Jawa Barat. Jasa Marga selalu operator, meningkatkan pelayanan di ruas tol ini.

Sejak beroperasi pada tahun 2005, tol ini mempersingkat waktu tempuh Jakarta (Cawang) menuju Bandung (Pasteur) dan Cileunyi. Hanya kurang lebih 2 hingga 2,5 jam lebih cepat, dibandingkan melalui jalan non tol sekitar 4 hingga 4,5 jam.

Selama arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, total tercatat sebanyak 1.197.586 ribu kendaraan dari dan menuju Jawa Barat melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama di kedua arahnya.jumlah ini meningkat 20.57% dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 993.264 ribu kendaraan.

Peran kedua ruas tol tersebut juga semakin vital dengan tersambungnya jaringan jalan tol baru di tiga titik, yaitu ruas tol Soreang-Pasir Koja, ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan dan ruas Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Terbentuknya jaringan tol baru, akan semakin memperluas akses masyarakat yang menggunakan Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi, untuk menuju berbagai tujuan perjalanan di Jawa Barat.

Baca Juga: Percepat Pembangunan Tol Patimban, Jasa Marga Gandeng Pihak Swasta

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Jasa Marga terus menjaga kualitas pelayanan dengan memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), baik di sepanjang ruas tol berupa pekerjaan Scrapping Filling Overlay (SFO), dan rekonstruksi perkerasan maupun rest area.

Sepanjang triwulan I tahun 2023, Jasa Marga telah melakukan pemeliharaan jalan tol sepanjang 7.385 Km pada ruas tol Cipularang, dan 2.878 Km pada ruas tol Padaleunyi.

Selain itu, Jasa Marga juga melakukan penambahan kapasitas lajur sepanjang 21,6 Km, mulai dari Km 142+800 s.d. 121+200 ruas tol Padaleunyi arah Jakarta. Pemeliharaan lainnya juga terus dilakukan berupa penggantian lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), penguatan lereng dan lain sebagainya.

Baca Juga: Usai Mudik Lebaran Berakhir, Tercatat 2 Juta Kendaraan Padati Jabodetabek

Untuk melayani pengguna jalan, menyediakan 5 rest area di Cipularang, Km 72A, Km 72B, Km 88A, Km 88B, Km 97B) dan 3 rest area di Padaleunyi (Km 125B, Km 147A, Km 149B), dilengkapi dengan berbagai kebutuhan pengguna jalan, seperti toilet, Masjid dan parkir, maupun kebutuhan lainnya seperti tenant makanan, oleh-oleh dan juga pakaian.

Selain itu, rest area juga menjadi wadah bagi pengembangan usaha UMKM masyarakat sekitar jalan tol, contohnya seperti Kampoeng UMKM di rest area Km 88 B Ruas Tol Cipularang yang menampung sebanyak 18 UMKM.

Sementara dalam hal pelayanan lalu lintas, Jasa Marga juga secara aktif melakukan peremajaan dan perbaikan, seperti pemasangan Smart CCTV, penambahan titik Dynamic Message Sign (DMS) di akses masuk Gerbang Tol dan di ruas jalan tol.

Adan penambahan DMS Mobile dan mobile reader pada momen tertentu, penambahan titik CCTV, penyempurnaan rambu dan guardrail, pemasangan dan peninggian Moveable Concrete Barrier (MCB), melakukan perapihan di gerbang tol, serta penghapusan dan pengecatan marka untuk memberikan kejelasan informasi keselamatan kepada pengguna jalan.