POPULAR STORIES

Kesiapan Jasa Marga Kawal Kendaraan Mudik Lebaran Idul Fitri 2024

Kesiapan Jasa Marga Kawal Kendaraan Mudik Lebaran Idul Fitri 2024 Kesiapan Jasa Marga Kawal Kendaraan Mudik Lebaran Idul Fitri 2024. (Foto: Jasa Marga)

KabarOto.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Kick Off Tim Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Hari Raya Idul Fitri 1445H/Tahun 2024 yang diselenggarakan di lapangan Museum Purna Bhakti, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur (28/03).

Kick Off Satgas Jasa Marga Siaga Hari Raya Idul Fitri 1445H digelar untuk menunjukkan kesiapan layanan operasional Jasa Marga yang diwujudkan melalui peningkatan kuantitas dan kualitas layanan terutama dalam mengantisipasi peningkatan mobilitas pada periode libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445H.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo dan yang juga menjadi fokus Pemerintah, seluruh sarana dan prasarana transportasi harus dipersiapkan dengan memperhatikan ketersediaan BBM, aspek pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang, dalam rangka mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna sesuai tagline dari pelayanan Lebaran tahun ini,” ujar Subakti.

Kesiapan Jasa Marga

Subakti juga menekankan beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian tim Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Lebaran 2024 diantaranya memastikan kesiapan pelayanan operasi, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, menyiapkan strategi antisipasi dan cara bertindak untuk penanganan pada situasi darurat, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi digital.

Baca Juga: Bisa Dilakukan Sendiri Sebelum Mudik Lebaran, Begini Prosedur Pengecekan Rem Sepeda Motor

“Selain itu untuk menjadi perhatian ialah menjaga koordinasi dengan Kepolisian, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, dan seluruh stakeholder terkait lainnya dalam melakukan pemantauan arus lalu lintas di jalan tol, serta tindakan-tindakan lainnya yang diperlukan dalam menjaga kualitas layanan dan kinerja operasional,” jelas Subakti.

Untuk mendukung layanan operasional yang optimal, Jasa Marga menyiagakan sebanyak 471 unit Armada Operasional di seluruh jalan tol di Indonesia yang terdiri dari 161 kendaraan Derek, 119 kendaraan Mobile Customer Service (MCS), 53 kendaraan Ambulans, 38 kendaraan Rescue, 100 kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR).

Armada Jasa Marga

Sejumlah jenis armada operasional tersebut juga turut dihadirkan dalam Kick Off Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1445H. Selain armada operasional, Jasa Marga juga menyiagakan petugas Jasa Marga Siaga yang terdiri dari petugas layanan lalu lintas dan petugas layanan transaksi sebanyak 5.971 personel, petugas layanan rest area sebanyak 1.219 personil serta petugas layanan preservasi sejumlah 246 tim. Sarana pelayanan lalu lintas juga dilengkapi dengan sistem informasi dan komunikasi Jasa Marga Group yang terdiri dari 1.977 unit CCTV, 204 unit Dynamic Message Sign (DMS), 26 unit Speed Camera dan 7 unit Weigh in Motion.'

Baca Juga: Mudik Lebaran Idul Fitri Pakai Roof Rack dan Roof Box di Mobil? Jangan Gegabah, Simak Dulu Tips Ini

Tidak hanya itu, dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan arus mudik dan balik, Jasa Marga juga memohon kerja sama pengguna jalan untuk melakukan perjalanan dalam kondisi prima, baik pengendara maupun kendaraan yang digunakan, menghindari perjalanan di waktu puncak arus mudik dan arus balik hingga menghindari perjalanan di waktu favorit seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa.

"Bagi yang memiliki keleluasaan waktu lebih panjang, agar lakukan perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir. Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk mengecek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas yang dinamis dari pihak Kepolisian," tutupnya.